Zarkasih, Ayub (2023) Pola interaksi guru dan santri dalam membina kedisiplinan di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720100082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu pada peningkatan kedisiplinan santri, yang tentunya akan ada banyak sekali ditemukan berbagai masalah yang berkaitan dengan ketidakdisiplinan/pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan oleh santri itu sendiri. Ada berbagai macam bentuk ketidakdisiplinan yang biasanya santri lakukan, baik di dalam kegiatan belajar mengajar maupun di luar kegiatan belajar mengajar. Contoh ketidakdisiplinan yang biasanya siswa lakukan diantaranya ialah, datang terlambat, tidak mau mengerjakan tugas, membolos, membawa hp ke pesantren, melawan guru atau ustadz , tidak memakai atribut sesuai dengan peraturan yang telah di tetapkan, bersikap tidak sopan terhadap guru dan sesama teman, dan lain sebagainya. Sehingga berawal dari berbagai permasalahan tersebut muncullah sebuah asumsi bahwasannya pola interaksi yang baik antara guru dengan ssntri akan sangat berpengaruh pada pembinaan kedisiplinan santri Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimana interaksi guru dengan santri dalam membina kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Kota Padangsidimpuan (2) Apa kendala guru dalam membina kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Kota Padangsidimpuan (3) Apa solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala dalam membina kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Kota Padangsidimpuan Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara. Sumber data yang dibutuhkan yaitu (guru-guru atau ustadz dan santri yang berada di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Kota Padangsidimpuan . Teknik penjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan dan triagulasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini, bahwa pola interaksi yang dilakukan oleh guru dengan santri dipesantren masih kurang mempengaruhi kedisplinan santri. Pola interaksi yang semestinya dilakukan harus terlibat orang-orang yang ada di lingkungan pesantren, keterlibatan seluruh orang-orang yang ada dipesantren dapat menimbulkan rasa untuk tetap selalu menjaga kedisiplinan santri dalam diri santri. Dikatakan demikian karena interaksi yang diterapkan cenderung mengarah pada bentuk-bentuk asosiasi seperti kerjasama, akomodasi, dan juga asimilasi. Selain itu, ada tiga jenis pola interaksi yang terjadi di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Kota Padangsidimpuan berkaitan dengan interaksi antara guru dan santri, yang mana ketiga pola interaksi ini merupakan hubungan atau interaksi antara guru, santri dan juga para ustadz pembina asrama. Nantinya ketiga pola interaksi ini akan saling melengkapi serta saling mendukung satu sama lain, terutama yang berkaitan dengan terjadinya interaksi antara guru dan santri dalam membina kedisiplinan santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. dan Hj. Hamidah, M.Pd. |
Keywords: | Pola interaksi; Guru; Santri; Kedisiplinan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 03:05 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 03:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9256 |
Actions (login required)
View Item |