Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pendidikan Anak dalam Kandungan; Perspektif Pendidikan Islam

Aisyah, Siti (2018) Pendidikan Anak dalam Kandungan; Perspektif Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Anak dalam Kandungan; Perspektif Pendidikan Islam Tahun : 2018 Mengingat betapa pentingnya pendidikan anak di masa depan sebagai investasi unggul untuk melanjutkan kelestarian peradaban sebagai penerus bangsa. Untuk memperoleh investasi unggul pada anak-anak maka perlu diperhatikan pendidikan dan perkembangan anak sejak dalam kandungan. Sebab masa dalam kandungan adalah merupakan dasar untuk perkembangan selanjutnya (postnatal). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja ayat-ayat tentang pendidikan anak dalam kandungan, bagaimana perkembangan janin dalam kandungan dan apa saja hal-hal yang mendasar tentang pendidikan anak dalam kandungan. Sejalan dengan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ayat-ayat tentang pendidikan anak dalam kandungan, bagaimana perkembangan janin dalam kandungan dan juga untuk mengetahui hal-hal yang mendasar dalam mendidik anak dalam kandungan; perspektif Pendidikan Islam. Kajian ini pada dasarnya merupakan penelitian perpustakaan (Library Research). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten (content analiysis), yaitu menganalisa isi buku. Metode lain yang digunakan adalah metode komparansi kritis, yaitu membandingkan pemikiran para ahli. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwasanya di antara ayat-ayat tentang pendidikan anak dalam kandungan terdapat dalam Q.S Ali-Imran ayat 35 dan 38, surah al-A’raf ayat 172, as-Shaffat ayat 100, kemudian surah al-Hajj ayat 2. Perkembangan janin dalam kandungan yaitu yang dimulai dari penciptaan manusia fase permulaan, kemudian penciptaan manusia fase lanjutan yang dilalui dengan beberapa tahap, yaitu tahap anasir kimiawi biologis dari sari pati tanah, tahap air mani, tahap nutfah, tahap alaqah, tahap mudghah, masa izaman, masa lahman kemudian masa khalqan akhar. Orangtua memiliki tanggung jawab dalam mendidik dan merawat anaknya sejak masih dalam kandungan. Ibu mempunyai peran penting mendidik anak dalam kandungan, yaitu ibu harus memahami prinsip-prinsip dasar pendidikan pralahir di antaranya prinsip kerja sama, ikatan cinta pralahir, stimulasi pralahir, kesadaran pralahir, kecerdasan, mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baik dan prinsip peran penting ayah dalam masa kehamilan. Syarat-syarat mendidik anak dalam kandungan, yaitu syarat pendidik (orangtua) harus yakin bahwa anak dalam kandungan dapat mendengar dan sudah bisa dididik, ikhlas mendidik anak dalam kandungan, memahami konsep dan tujuan pendidikan anak dalam kandungan, menguasai metode dan cara-cara latihan mendidik anak dalam kandungan, menyadari bahwa setiap stimulasi dapat direspon janin dan orangtua tidak terganggu kesehatan jasmani atau jiwanya, kemudian syarat peserta didik (anak dalam kandungan) anak dalam kandungan adalah janin yang sudah matang dan tumbuh secara normal, sudah berusia 5-6 bulan, tidak terganggu fisik dan psikisnya. Ada beberapa metode yang berpengaruh terhadap pendidikan anak dalam kandungan yaitu metode do’a, kasih sayang, ibadah, membaca dan menghafal, zikir, lagu, berdiskusi, membaca al-Quran, bercerita, dan metode aktivitas bersama. Sedangkan materi mendidik anak dalam kandungan yaitu, sholat fardhu lima waktu, membaca al-Quran, akhlak mulia, bahasa, pelajaran Agama Islam dan ilmu pengetahuan,aqidah tauhid, lagu yang Islami dan materi al-Quran dan Hadist.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Daulay, M. Ag dan H. Ali Anas Nasution, M.A
Keywords: Pendidikan Anak Dalam Kandungan; Kandungan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 24 Apr 2020 02:51
Last Modified: 22 Jul 2021 04:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item