Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran IPA siswa Kelas IV SD Negeri 200508 Padangsidimpuan

Deroka, Millen (2023) Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran IPA siswa Kelas IV SD Negeri 200508 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dimana pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan alam saat ini cenderug guru selalu menggunakan metode ceramah dan menggunakan media yang ada di dalam kelas yang berupa buku paket dan gambar-gambar yang tertempel pada dinding kelas ini yang dijadikan sumber belajar utama yang digunakan guru sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dengan memanfaatkan lingkungan alam peserta didik bisa belajar langsung dengan tumbuh-tumbuhan di lingkungan sekolah bahkan dapat membangun keterampilan siswa, tidak membuat siswa merasa bosan dan dapat memberikan pengalaman belajar yang menarik kepada siswa. Penelitiannya dilaksanakana dikelas IV Sekolah Dasar Negeri 200508 Padangsidimpuan Tenggara. Rumusannya permasalahan penelitiannya yakni bagaimana pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan apa saja hambatan-hambatan yang terjadi dalam kegiatan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 200508 Padangsidimpuan dan bagaimana solusinya. Dimana tujuannya pada penelitiannya, yakni mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 200508 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa- siswi kelas IV dan satu guru wali kelas. Obyek penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan alam dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV Sekola Dasar Negeri 200508 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam guru dan siswa konsisten memanfaatkan media lingkungan alam fisik (abiotik) yaitu sinar matahari, tanah dan pot bunga, media lingkungan alam hayati (biotik) yaitu bunga dalam pot. Hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yaitu siswa yang sulit dikondisikan, kurang nya fasilitas sekolah dan adapun solusi yang dilakukan oleh guru adalah dengan cara menasehati dan menegur setiap melakukan siswa melakukan pelanggaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Dwi Maulida Sari, M.Pd.
Keywords: Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar; Proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:51
Last Modified: 12 Sep 2023 08:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9241

Actions (login required)

View Item View Item