Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh strategi pembelajaran question student have terhadap motivasi belajar siswa pada materi pokok bilangan bulat di kelas VII MTsN Panyabungan

Rangkuti, Ummi Dina (2015) Pengaruh strategi pembelajaran question student have terhadap motivasi belajar siswa pada materi pokok bilangan bulat di kelas VII MTsN Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa kelas VII MTsN Panyabungan untuk mengeluarkan pendapat atau pertanyaan yang ada dalam dirinya. Hal ini disebabkan guru kurang memvariasikan strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, selain itu keterampilan mengajar guru masih kurang dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah; Apakah ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran Question Student Have terhadap motivasi belajar siswa pada materi pokok bilangan bulat kelas VII MTsN Panyabungan?. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran Question Student Have terhadap motivasi belajar siswa pada materi pokok bilangan bulat kelas VII MTsN Panyabungan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan pretestpostest control group desgn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN Panyabungan yang terdiri dari 10 kelas dan berjumlah 408 orang, tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling yang bejumlah 68 orang yaitu kelas VII-B sebagai kelas Eksperimen dan VII-C sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Tekhnik analisis datanya yaitu uji normalitas, homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata dan uji-t. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa strategi pembelajaran Question Student Have memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada pokok bahasan bilangan bulat berdasarkan hasil perhitungan uji-t yaitu thitung = 8,12 > ttabel = 1, 997. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran Question Student Have terhadap motivasi belajar siswa pada materi pokok bilangan bulat Di kelas VII MTsN Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi pembelajaran question student have; motivasi belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2020 02:47
Last Modified: 24 Apr 2020 02:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item