Nurida, Nurida (2023) Penggunaan aplikasi al-Qur’an Digital dalam pembelajaran pendidikan agama Islam materi al-Qur’an siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batang Onang Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720100171.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan aplikasi Al-Qur’an digital materi Al-Qur’an. Karena siswa SMA Negeri 1 Batang Onang belum mampu dalam mengaplikasikan penggunaan aplikasi Al-Qur’an digital dengan baik dan benar. Untuk itu peneliti melihat guru dalam penggunaan aplikasi untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di SMA 1 Batang Onang. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan aplikasi Al-Qur’an digital dalam pembelajaran pendidikan agama Islam materi Al-Qur’an dan bagaimana kemampuan membaca siswa setelah menggunakan aplikasi Al- Qur’an dalam pembelajaran pendidikan agama Islam materi Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan aplikasi Al-Qur’an dalam pembelajaran pendidikan agama Islam materi Al-Qur’an, dan juga untuk mengetahui kemauan membaca siswa setelah menggunakan aplikasi Al-Qur’an digital dalam pembelajaran pendidikan agama Islam materi Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Batang Onang. Adapun jenis penelitian dan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan instrumen pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, subjek penelitian adalah informan, yang artinya berada pada latar penelitian yang dimanfaatkan untuk memberikan untuk memberikan informasi, situasi dan kondisi latar penelitian. Hasil penelitian ini adalah pertama Penggunaan aplikasi Al-Qur’an dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat menggunakan aplikasi Al-Qur’an menjadi lebih mudah dan epektif. Dalam penggunaan aplikasi Al-Qur’an ini sangat membantu cara menggunakannya jadi sangat mudah. Kedua Kemampuan dari hasil penelitian di lapangan bahwa siswa lebih mampu membaca Al-Qur’an menggunakan aplikasi Al-Qur’an digital dengan menggunakan Gadget, dalam Gadget terdapat beberapa cara yang dapat membantu siswa untuk membaca Al-Qur’an. Dengan menggunakan aplikasi Al-Qur’an digital sangat membantu siswa dan memudahkan siswa dalam membaca, mencari surah, mempelajari huruf, panjang pendek serta tajwidnya. Kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an digital menggunakan aplikasi Al-Qur’an digital sudah ada peningkatan. Jumlah siswa 27 orang , 3 siswa yang masih kurang dalam melafasdkan huruf sekarang sudah bisa. 4 siswa tidak lancar dalam membaca panjang pendek Al-Qur’an sekarang sudah lancar walaupun belum fasih dan 10 siswa yang tidak mengenl tajwid sekarang sudah mengenalnya dengan warna- warna yang ada didalam apikasi, 10 orang sudah bisa dan sudah lancar membaca Al-Qur’an digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd. dan DR. Zainal Efendi Hasibuan, M.A. |
Keywords: | Al-Qur'an Digital; PAI |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 04:18 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 04:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9235 |
Actions (login required)
View Item |