Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pengelolaan tahfiz di Pondok Pesantren Tahfiz Azhar Centre Desa Damuli Kabupaten Labuhanbatu Utara

Putri, Dea (2023) Strategi pengelolaan tahfiz di Pondok Pesantren Tahfiz Azhar Centre Desa Damuli Kabupaten Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1830400001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dalam waktu empat tahun berdiri, Pesantren Tahfiz Azhar Center sudah menjadi Pesantren terbaik di Kabupaten Labuhanbatu Utara dengan menghasilkan santri yang penghafal al-Qur’an dan prestasi yang diraih Setelah peneliti melakukan studi pendahuluan dilapangan Pesantren Tahfiz Azhar Centre Desa Damuli Kabupaten Labuhanbatu Utara fokus pada program tahfiz, sedangkan pelajaran umum hanya pelajaran yang akan di ujian nasionalkan. Adapun tujuan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Pesantren Tahfiz Azhar Centre dalam kegiatan menghafal al-Qur’an. Untuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan yang dilakukan di Pesantren Tahfiz Azhar Centre. Dan apa saja faktor penghambat yang dihadapi Pesantren Tahfiz Azhar Centre dalam kegiatan tahfiz. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu Ustad dan Ustadzah sebanyak 5 orang. 4 ustad dan 1 ustadzah yang membimbing tahfiz, dan 6 santri tahfiz. Sedangkan sumber data skunder yaitu ketua yayasan tambahkan buku, jurnal dan dari beberapa dokumen yang terkait penelitian ini. Tekni pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang diterapkan dalam menghafal ayat suci al-Qur’an adalah muroja’ah, mengulang hafalan, menyetor hafalan sesuai kemampuan, menjaga wudhu, dan ujian 1 juz. Perencanaan pesantren tahfiz yaitu santri harus hafal 20 juz atau 30 juz dalam 3 tahun Dalam struktur organisasi posisi yang ada pada suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan oprasional untuk mencapai tujuan. Pelaksanaan yang dilakukan yaitu setiap ustad dan ustadzah yang bertanggung jawab atas santri harus memberi arahan agar kegiatan ini terlaksana dan membuat santri terbiasa dan bertanggung jawab, Pengawasan dilakukan untuk mengetahui santrinya dalam proses menghafal al-Qur’an yang di awasi oleh ustad atau pembimbing tahfiz. Dengan adanya hambatan-hambatan di Pesantren Tahfiz Azhar Centre seperti permusuhan antara santri mudah putus asa dan waktu maka pengurus melakukan berbagai macam cara seperti melakukan diskusi dengan pimpinan dan memberi motivasi kepada santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mohd. Rafiq, S.Ag., M.A. dan Risdawati Siregar, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Strategi; Pengelolaan; Tahfiz; Pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:32
Last Modified: 12 Sep 2023 03:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9232

Actions (login required)

View Item View Item