Susanti, Helmi (2023) Pengaruh model pembelajaran aktif (active learning) tipe quiz team terhadap peran aktif siswa dalam pembelajaran matematika di Kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya peran aktif siswa pada pembelajaran Matematika. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran sedangkan murid sebagai pendengar yang pasif. Sehingga siswa kesulitan dalam belajar yang menyebabkan peran aktif siswa rendah. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam pengajaran matematika yaitu dengan menggunakan model pembelajaran aktif (Active Learning) Tipe Quiz Team. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran aktif tipe quiz team terhadap peran aktif siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran aktif tipe quiz team terhadap peran aktif siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain pretest postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan yang terdiri dari sembilan kelas dengan jumlah 220 siswa. Sampel pada penelitian ini kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan analisis data, angket postest yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa diperoleh nilai rata-rata kelas ekperimen 65,60 dan kelas kontrol 60,72. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung>t_tabel(2,569 > 2,010) dengan taraf signifikan 5% maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran aktif tipe quiz team terhadap peran aktif siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Pembelajaran aktif (active learning) tipe quiz team; Peran aktif siswa; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 03:25 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 03:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9231 |
Actions (login required)
View Item |