Simatupang, Yuni Alfi Yunita (2022) Kesulitan-kesulitan siswa dalam membaca al-Quran melalui pembelajaran baca tulis al-Quran dengan menggunakan buku panduan pembelajaran BTQ di Sekolah Dasar Negeri 200214 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan membaca Al-Quran, ada pembelajaran Baca Tulis Al-Quran yang diadakan sebagai mata pelajaran tambahan untuk anak SD untuk lebih mudah belajar tentang bagaimana membaca dan memahami Al-Quran sesuai dengan kaidahnya. Tapi, siswa masih mengalami kesulitan dalam membaca Al-Quran. Rumusan masalah penelitian ini ialah (apakah kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca Al-Quran melalui pembelajaran Baca Tulis Al-Quran dengan menggunakan Buku Pandua Pembelajaran BTQ di SD Negeri 200214 Kota Padangsidimpuan) , (faktor apa yang menyebabkan kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran melalui pembelajaran Baca Tulis Al-Quran dengan menggunakan Buku Panduan Pembelajaran BTQ di SD Negeri 200214 Kota Padangsidimpuan), dan (bagaimana cara mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran melalui pembelajaran Baca Tulis Al-Quran dengan menggunakan Buku Pandua Pembelajaran BTQ di SD Negeri 200214 Kota Padangsidimpuan). Jenis penelitian ini adalah penelian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang dibutuhkan diperoleh dari informan data primer dan sekunder menggunakan metode proposive sampling. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan salah Observasi dan Wawancara yang dilakukan peneliti dan informan data. Setelah dilakukan penelitian dapat ditemukan Hasil penelitian bahwa kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran ialah kesulitan dalam pengucapan bunyi Huruf Hijaiyah yang sama bentuknya, kesulitan siswa dalam membaca Huruf Hijaiyah bersambung, kesulitan siswa dalam mmpraktekkan tanda panjang dan pendek, kesulitan siswa dalam mempraktekkan makhroj huruf, kesulitan siswa dalam mempraktekkan hukum bacaan Tajwid, kesulitan siswa dalam mmpraktekkan tanda baca Waqaf. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran ialah turunnya kecintaan terhadap Al-Quran, metode, aksara, kesempatan dan tenaga kerja. Cara mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran ialah memberikan motivasi atau menarik perhatian siswa sehingga siswa berperan aktif dalam pembelajaran, memberikan umpan (feed back), memantau pengetahuan siswa dengan memberikan tes, mengembangkan daya hafal siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Hj. Hamidah, M.Pd. |
Keywords: | Kesulitan; Membaca al-Quran; Siswa; Pembelajaran BTQ |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 02:20 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 02:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9224 |
Actions (login required)
View Item |