Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri 271 Tombang Kaluang Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal

Azizah, Nur (2023) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri 271 Tombang Kaluang Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100320.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada siswa yang disiplin, seperti aktif dalam kegiatan sekolah dan tidak melanggar peraturan sekolah, tetapi ada pula siswa yang kurang disiplin. Kurang disiplinnya siswa dilihat dari hal-hal kecil seperti membolos, terlambat datang ke sekolah, keluar dari kelas ketika gurunya tidak ada di dalam kelas, ribut di dalam kelas ketika jam pelajaran. Rumusan masalah penelitian ini: (1) Apa Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. (2) Apa Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SDN 271 Tombang Kaluang. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa, untuk mengetahui Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SDN 271 Tombang Kaluang. Penelitian ini adalah penelian lapangan, pendekatan luas dalam penelitian kualitatif, Ide pentingnya adalah peneliti ke lapangan untuk mengadakan pengamatan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah menggunakan metode wawancara, observassi, dan dokumentasi. Adapun sumber primer dan sumber skunder, untuk sumber primer adalah guru Pendidikan Agama Islam sedangkan sumber skunder adalah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa, gambaran kedisiplinan siswa di SDN 271 Tombang Kaluang adalah: 1) Kedisiplinan pakaian, 2) Kedisiplinan waktu, 3) Kedisiplinan prilaku. Upaya guru PAI dalam membina kedisiplina siswa di SDN 271 Tombang Kaluang yaitu 1) meningkatkan keteladanan 2) meningkatkan pembiasaan 3) meningkatkan dengan nasehat yang baik 4) dan juga memberikan hukuman. Kendala yang dihadapi guru dalam pembinaan kedisiplinan siswa 1) Kurangnya kesadaran pada diri peserta didik 2) keadan keluarga dengan cara penekanan terhadap siswa melalui kegiatan pembiasaan diharapkan kedepannya siswa memperoleh ilmu umum, mereka juga mendapatkan ilmu rohaniyah yang dapat dijadikan bekal kelak ketika sudah berada dilingkungan masarakat, sehingga tujuan utamanya yaitu membentuk lulusan anak yang berakhlak karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A. dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Upaya guru; Meningkatkan kedisipilinan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:10
Last Modified: 11 Sep 2023 07:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9219

Actions (login required)

View Item View Item