Rahmadani, Putri (2023) Peningkatan pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini melalui media balok angka di Raudhatul Athfal Arafah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820600013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini terhadap pembelajaran matematika dan mengenal angka di kehidupan sehari-hari di Raudhatul Athfal Arafah Padangsidimpuan. Adapun salah satu penyebabnya adalah guru belum menerapkan media pembelajaran yang menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah penerapan media balok angka dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Arafah Padangsidimpuan?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dalam memahami konsep bilangan di Raudhatul Athfal Arafah Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dengan menggunkan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, tahap refleksi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media balok angka dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran, mempermudah peserta didik dalam memahami materi, menumbuhkan minat belajar peserta didik dalam memahami konsep bilangan dan suasana kelas lebih menyenangkan. Peningkatan dapat dilihat dari setiap siklusnya. Siklus 1 dan II Pertemuan 1 dan II Anak mampu Mengenali Lambang Bilangan 67,40% Siklus II 96,09%, Anak Mampu Menyebutkan Lambang Bilangan Sesuai Dengan Urutan 1-10 65,62% Siklus II 90,62% Anak Mampu Memberikan Contoh Lambang Bilangan dengan Menyebutkan Jumlah Benda Sesuai dengan Lambang Bilangan 55,46% Siklus 2II82,81% Anak Mapu Memadukan Balok Angka dengan banyak benda 53,12% Siklus II 72,65%, Anak Mampu Memahami Lambang Bilangan dan Mengetahui Berapa Jumlah Lambang Bilangan 54,68% Siklus II 72,65%, Anak Mampu Mengambil Jumlah Banyak Benda dan Memadukannya Sesuai Dengan Lambang Bilangan 54,68% dengan nilai rata-rata Siklus 1 sebesar 58,33%, Siklus II Sebesar 81,63%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media balok angka dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A. dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi. |
Keywords: | Pemahaman konsep bilangan; Balok angka |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 02:51 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 02:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9206 |
Actions (login required)
View Item |