Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran picture and picture berbantu media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa di Kelas IV MIN 7 Padang Lawas Utara

Harahap, Desi Serianti (2023) Penerapan model pembelajaran picture and picture berbantu media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa di Kelas IV MIN 7 Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya di kelas IV MIN 7 Padang Lawas Utara. Hal ini disebabkan penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai. Mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantu Media Audio visual yang mengharuskan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantu Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya di kelas IV MIN 7 Padang Lawas Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantu Media Audio Visual di kelas IV MIN 7 Padang Lawas Utara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus, dalam setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas IV MIN 7 Padang Lawas Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantu Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan pada tes awal persentase ketuntasan belajar 33,33% (5 dari 15 siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 65. Pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 46,66% (7 dari 15 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70,33. Pada siklus I pertemuan II ketuntasan belajar klasikal sebesar 53,33% (8 dari 15 siswa) dengan nilai rata-rata 75. Sedangkan pada siklus II pertemuan I persentase ketuntasan klasikal sebesar 60% (9 dari 15 siswa) dengan nilai rata-rata sebesar 79,33. Dan siklus II pertemuan II ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 80% (12 dari 15 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 84,33. Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dengan persentase paling tinggi 80% maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd.
Keywords: Picture and picture; Media audio visual; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:34
Last Modified: 11 Sep 2023 02:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9205

Actions (login required)

View Item View Item