Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis etika bisnis Islam pada usaha sembako Kelurahan Bincar Kota Padangsidimpuan

Simatupang, Anwar Saleh (2023) Analisis etika bisnis Islam pada usaha sembako Kelurahan Bincar Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200267.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Etika bisnis Islam adalah suatu landasan yang digunakan oleh pelaku bisnis dalam melakukan bisnisnya dengan menerapkan prinsip-prinsip yang terdapat dalam ajaran Islam yang bersumber pada Al-Qur’an dan Hadist. Seiring perkembangan zaman, yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang sangat pesat menimbulkan banyaknya penyimpangan. Perilaku menyimpang banyak dijumpai di usaha sembako antara lain pemilik usaha yang lebih mengutamakan berdagang dari pada beribadah terlebih dahulu, pencampuran barang hari ini dengan barang kemarin, pelayanan yang kurang baik, dan lain sebagainya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pemahaman etika bisnis Islam pada usaha sembako Kelurahan Bincar Kota Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman etika bisnis Islam pada usaha sembako Kelurahan Bincar Kota Padangsidimpuan. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain pengertian etika bisnis Islam, fungsi etika bisnis Islam, prinsip-prinsip etika bisnis Islam, pengertian usaha sembako, dan konsep bisnis dalam Al-Quran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Yaitu metode kualitatif deskriftif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara sebagai sumber dara primenya dengan mewawancarai pihak kelurahan, pemilik usaha, dan pembeli. Berdasarkan dari hasil wawancara peneliti dengan pemilik usaha sembako dan pembeli yang ditinjau berdasarkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yakni prinsip keesaan, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab, dan prinsip kebenaran. Dapat dikatakan prinsip etika bisnis Islam belum sepenuhnya diterapkan pemilik usaha sembako seperti masih adanya pemilik usaha sembako yang lebih mengutamakan berdagang dari pada beribadah terlebih dahulu, mencampur barang hari ini dengan barang kemarin, pelayanan yang kurangbaik, memberikan kesempatan berhutang tanpa tenggang waktu, pilih kasih dalam memberikan kesempatan berhutang, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. dan Sarmiana Batubara, M.A.
Keywords: Analisis; Etika bisnis Islam; Usaha sembako
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:08
Last Modified: 06 Sep 2023 08:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9203

Actions (login required)

View Item View Item