Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh promosi terhadap penjualan pada Aman Fashion dan Style Padangsidimpuan

Marwah, Sofa (2016) Pengaruh promosi terhadap penjualan pada Aman Fashion dan Style Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
122300255.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan yang semakin banyak terutama yang berasal dari industri pakaian, membuat perusahaan semakin dituntut agar bergerak lebih cepat dalam hal menarik konsumen. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya masyarakat yang mengerti akan model/style, ditambah lagi semakin banyaknya toko pakaian yang menjual pakaian dengan berbagai jenis model yang bervariasi. Dengan demikian, dalam menghadapi persaingan Aman Fahion dan Style melakukan promosi melalui radio dalam pemasarannya agar penjualannya meningkat. Namun dalam kenyataan penjualan pada Aman Fashion dan Style mengalami fluktuasi padahal promosi sudah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap penjualan pada Aman Fashion dan Style Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Manajemen Pemasaran. Berkaitan dengan itu konsep dan teori yang digunakan adalah yang berkaitan dengan manajemen, bauran promosi, penjualan. Sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh Elbert dan Griffin bahwa promosi dapat meningkatkan penjualan, menempatkan suatu produk, dan meningkatkan nilai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh catatan keuangan selama 3 tahun yang peneliti ambil setiap bulannya mengenai biaya promosi dan penjualan dari tahun 2013-2015. Jenis data dalam penelitian ini adalah data time series (deret waktu) dimana semua elemen yang ada dalam laporan keuangan ini dijadikan sampel, maka penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan metode wawancara, dokumentasi pada laporan keuangan pada Aman Fashion dan Style. Kemudian data diolah dan dianalisis dengan bantuan SPSS Versi 21,0. Uji yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian adalah uji regresi sederhana, uji koefisien determinasi (Uji R Square), uji normalitas, analisis statistik deskriptif, uji linearitas, dan uji hipotesis yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji regresi sederhana diperoleh persamaan Y = 20145098,039 + 10,525x. Hasil uji koefisisen determinasi menunjukkan nilai R yang diperoleh adalah 0,539 yang berarti bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut relatif sedang. Nilai dari R2 sebesar 0,29 atau (29%), hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independent sebesar 29% artinya bahwa variabel penjualan dapat diterangkan oleh variabel promosi sebesar 29% sedangkan sisanya 71% dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan hasil uji t menunjukkan model hipotesis adalah Ha diterima, karena thitung > ttabel atau 3,728 > 2,032 artinya ada pengaruh signifikan antara promosi terhadap penjualan di Aman Fashion dan Style.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Promosi; penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 24 Apr 2020 08:15
Last Modified: 24 Apr 2020 08:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item