Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh cooperative learning tipe probing promting terhadap kemampuan berfikir siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Negeri 1 angkola barat

Siregar, Erni (2018) Pengaruh cooperative learning tipe probing promting terhadap kemampuan berfikir siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP Negeri 1 angkola barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420200086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa SMP Negeri 1 Angkola Barat dalam menganalisa, menyelesaikan, seta menghubungkan materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mengakibatkan kemampuan berpikir kreatif siswa tidak dapat berkembang dengan baik. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi siswa. Rumusan maslah ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model probing prompting terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Probing Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Barat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Barat dan pengambilan sampel dengan menggunakan claster sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes. Sebelum tes digunakan dalam penelitian terlebih dulu peneliti melakukan uji coba instrument untuk melihat tingkat validasi, reliabilitas tes. Teknik analisa data yang digunakan untuk melihat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian adalah bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Probing Prompting terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 1Angkola Barat. Dimana adalah 9,32 dan dengan dk = 48 dan taraf signifikan 5%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah MA dan Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, M.Pd
Keywords: Cooperative Learning Tipe Probing Prompting; Kemampuan Berpikir Kreatif; SPLDV
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 01 Apr 2020 04:26
Last Modified: 12 Aug 2020 02:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item View Item