Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama dalam membina kecerdasan emosional siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Sembiring, Karina Wahyu (2023) Upaya guru pendidikan agama dalam membina kecerdasan emosional siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini bahwasanya siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal memiliki kecerdasan emosional sebagai kemampuan untuk memotivasi diri, bertahan dalam menghadapi frustasi. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal harus memilki pendidik/guru yang berkualitas dalam menciptakan dan mengembangkan interaksi dengan peserta didik, memotivasi diri, bertahan dalam menghadapi prustasi, mengendalikan dorongan hati dan tidak berlebih-lebihan dalam kesenangan, mengatur suasana hati agar beban stress tidak melumpuhkan kemampuan berfikir dan berempati yang efektif dan efesien. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kecerdasan emosional pada siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan kecerdasan emosional pada siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan secara sistematis fakta dan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan adalah (wawancara) dan observasi. Adapun tekhnik analisis data dilakukan dengan proses mencari dan menyusun urutan data secara sistematis dari data yang diperoleh dan hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam adalah membangun komunikasi yang baik dengan peserta didik, menciptakan suasana menyenangkan, serta melakukan kegiatan rutin serta kemampuan untuk selalu berpartisipasi memecahkan masalah yang timbul dalam kemampuan individunya. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan kecerdasan emosional siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal yaitu. Seperti relasi siswa dengan siswa, disiplin, dorongan guru, memberikan motivasi atau nasehat kepada siswa dan memberikan dukungan agar lebih giat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd. dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Upaya guru; Membina kecerdasan emosional siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Sep 2023 08:48
Last Modified: 05 Sep 2023 08:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9193

Actions (login required)

View Item View Item