Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi masyarakat Lingkungan III Kelurahan Sitinjak terhadap keputusan berbelanja online pada tahun 2022

Harahap, Nora Maya Anriani (2023) Persepsi masyarakat Lingkungan III Kelurahan Sitinjak terhadap keputusan berbelanja online pada tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200270.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena di dalam Masyarakat Lingkungan III Kelurahan Sitinjak pada tahun 2022 penggunaan transaksi belanja onlinetidak mengalami peningkatan padahal data yang peneliti dapatkan penggunaan belanja online mengalami peningkatan yang signifikan. Dilaksankannya penelitian ini untuk menjawab bagaimana persepsi masyarakat terhadap keputusan berbelanja online pada tahun 2022. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat Sitinjak tentang keputusan berbelanja online dan mamfaat penelitian ini yaitu membuat pembeli dan penjual onlin lebih jujur lagi dalam melakukan transaksi. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, teori dari pengertian persepsi, pengertian dari keputusan pembelian dan pengertian dari belanja online, teori dipilih sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder, data-data ini diperoleh dari informasi yang didapatkanpeneliti dengan menggunakan wawancara langsung kepada subjek penelitian. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,danpenarikankesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Masyarakat Lingkungan III Kelurahan Sitinjak telah mengetahui tentang belanja online dan telah melakukan transaksi jual beli online. Masyarakat memilih aplikasi Shopee dalam transaksi belanja online, Masyarakat Lingkungan III Kelurahan Sitinjak memilih Aplikasi Shopee karena di dalam aplikasi tersebut banyak toko online yang tersebar diseluruh wilayah, sering mengadakan diskon via membayaranya terkadang bisadengan cash on delivery, Masyarakat Lingkungan III Kelurahan Sitinjak juga bertanggapan belanja online memiliki sisi positif dan negatif bagi masyarakat. Dari 30 informan yang sudah peneliti teliti18 informan memutuskan lebih memilih menggunakan layanan berbelanja secarao ffline/langsung, hanya 12 informan yang memilih untuk berbelanja secara online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H.Aswadi Lubis, S.E., M.Si. dan Ja’far Nasution, M.E.I.
Keywords: Persepsi; Keputusan; Belanja online
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:39
Last Modified: 24 Aug 2023 08:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9148

Actions (login required)

View Item View Item