Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar bilangan bulat melalui alat peraga garis bilangan Kelas VI SD Negeri 200305 Padangsidimpuan

Ritonga, Indah Pertiwi (2022) Peningkatan hasil belajar bilangan bulat melalui alat peraga garis bilangan Kelas VI SD Negeri 200305 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa di SD Negeri 200305 Padangsidimpuan yang belum mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM). Hal ini disebabkam oleh kurangnya penggunaan media maupun alat peraga dalam proses pembelajaran di kelas. Sehingga diperlukan solusi untuk memperbaiki proses pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Salah satu solusi perbaikan pembelajaran yang dapat dipilih yaitu dengan menggunakan alat peraga garis bilangan bulat pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan alat peraga garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di SD Negeri 200305 Padangsidimpuan pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga garis bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan wali kelas VI. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200305 Padangsidimpuan dengan subjek penelitian yaitu 23 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus dilakukan dengan 2 pertemuan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Pengumpulan nilai hasil belajar menggunakan tes tertulis bentuk pilihan ganda. Pengolahan dan analisi data menggunakan bantuan software Anates dan Mc. Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus, persentase ketuntasan sebesar 17,4%, hanya 3 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 51,3, siklus I pertemuan I, terdapat 8 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 34,8%, diperoleh nilai rata-rata 60,8 dan meningkat pada pertemuan II yaitu terdapat 12 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 52,2%, diperoleh nilai rata-rata 63,9%. Kemudian pada siklus II pertemuan I, terdapat 12 siswa yang tuntas, dengan persentase ketuntasan 69,9%, diperoleh nilai rata-rata 73,5, meningkat lagi pada pertemuan II, terdapat 21 siswa yang tuntas, dengan persentase ketuntasan 91,3%, nilai rata-rata mencapai 89,9. Dengan demikian, hasil belajar bilangan bulat siswa daru siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menggunakan alat peraga garis bilangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si. dan Maulana Arafat, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar; Bilangan bulat; Alat peraga garis bilangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Aug 2023 05:03
Last Modified: 24 Aug 2023 05:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9140

Actions (login required)

View Item View Item