Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya dan keunggulan produk listrik prabayar terhadap kepuasan pelanggan di Perumnas Kelurahan Pijorkoling Kota Padangsidimpuan

Dalimunthe, Raja Abdul Latif (2022) Pengaruh biaya dan keunggulan produk listrik prabayar terhadap kepuasan pelanggan di Perumnas Kelurahan Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200132.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi, yang dimana biaya dan keunggulan produk menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan listrik prabayar. Dimana tanggapan pelanggan yang mengatakan bahwa biaya dalam menggunakan listrik prabayar relatif mahal yaitu berkisar antara Rp. 20.000-Rp. 200.000. Hal inilah yang menjadi salah satu keluhan masyarakat Perumnas Kelurahan Pijorkoling Kota Padangsidimpuan yaitu merasa terbebani dengan biaya menggunakan listrik prabayar. Kemudian pada keunggulan produk pelanggan masih merasa kurang puas dikarenakan masih ada kesulitan baik dalam pengisian token pulsa maupun penggunaan listrik prabayar. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh biaya dan keunggulan produk listrik prabayar terhadap kepuasan pelanggan di Perumnas Kelurahan Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya dan keunggulan produk listrik prabayar terhadap kepuasan pelanggan listrik prabayar di Perumnas Kelurahan Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Pembahasan pada penelitian ini berkaitan dengan biaya, keunggulan produk dan kepuasan pelanggan. Sehubungan dengan hal itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan biaya, keunggulan produk dan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah kuesioner/angket dengan jumlah sampel 64 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolenearitas, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), uji Koefisien determinasi (R2), dan uji analisis regresi linear berganda dengan menggunakan statistik SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian bahwa variabel biaya berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan variabel keunggulan produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan listrik prabayar di Perumnas Kelurahan Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Dan secara simultan variabel biaya dan keunggulan produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Sarmiana Batubara, M.A.
Keywords: Biaya; Keunggulan produk; Kepuasan pelanggan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Aug 2023 05:01
Last Modified: 22 Aug 2023 05:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9121

Actions (login required)

View Item View Item