Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa pandemi COVID-19 di Kelas III SDN 101220 Simbolon

Sitohang, Megawarni (2023) Kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa pandemi COVID-19 di Kelas III SDN 101220 Simbolon. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Adapun latar belakang masalah mengungkapkan judul, bahwa berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas III di SDN 101220 Simbolon menjelaskan bahwa kompetensi guru tidak dapat disalurkan sepenuhnya dikarenakan adanya virus corona sehingga ini menjadi suatu masalah atau kendala bagi pendidikan Indonesia terutama di SDN 101229 Simbolon. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kompetensi guru kelas III dalam mengimplementasikan pembelajaran yang bervariasi, kompetensi guru dalam menggunakan media atau alat dan bagaimana kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi guru kelas III dalam mengimplementasikan pembelajaran yang bervariasi, kompetensi guru dalam menggunakan media atau alat dan bagaimana kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematikpada masa pandemi covid-19 di SDN 101220 Simbolon. Jenis penelitian pada penelitian ini penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101220 Simbolon Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padanglawas Utara. Adapun suber datapada penelitian ini yaitu kepala sekolah, wali kelas dan siswa kela III SDN 101220 Simbolon. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu reduksi dekskripsi dan penrikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi guru kelas III pada masa pandemi covid-19 di SDN 101220 Simbolon, pembelajaran tematik di kelas III terdiri dari tiga tahaan perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran tematik dan penilaian pembelajaran. Pelaksanaan pebelajaran yang dilaksanakan dikelas guru menggunakan beberapa metode pembelajaran pada saat mengajar agar pembelajaran tidak membosankan, dan sesekali menggunakan media pembelajaran. Dan pelaksanaan penilaian yang dilakukan sesuai dengan kurikulum 2013 yang terdiri dari tiga aspek yaitu, penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dilaksanakan di kelas III SDN 101220 Simbolon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Kompetensi guru; Pembelajaran tematik; Covid-19
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:56
Last Modified: 16 Aug 2023 02:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9102

Actions (login required)

View Item View Item