Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode bimbingan kelompok terhadap kemampuan membaca al-qur’an anak di Desa Gunung Manaon Kecamatan Panyabungan

Aisyah, Marliani Vivit (2019) Penerapan metode bimbingan kelompok terhadap kemampuan membaca al-qur’an anak di Desa Gunung Manaon Kecamatan Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 302 00077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Desa Gunung Manaon merupakan desa yang mengadakan kegiatan mengaji yang diikuti anak-anak. Permasalahan yang terdapat dalam kegiatan mengaji tersebut yaitu anak-anak yang kurang bersungguh-sungguhdalam mengikuti kegiatan mengaji yang telah dilaksanakan. Sehingga menyebakan anak-anak belum bisa dengan baik membaca Al-Qur’an. Hal tersebut dilihat dari kemampuan anak-anak yaitu, masih anyak anak-anak yang tidak lancar dalam membaca Al-Qur’an dan juga anak-anak yang masih kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an. Metode individu yang digunakan ustadzah dalam mengajari anak-anak membaca Al-Qur’an membuat situasi dan kondisi tidak efektif, karena anak-anak diajari satu per satu sehingga anak yang lainnya menunggu giliran dan ribut. Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah bagaimana keadaan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di Desa Gunung Manaon Kecamatan Panyabungan, dan bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an anak setelah dilakukan penerapan metode bimbingan kelompok di Desa Gunung Manaon Kecamatan Panyabungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keadaan kemampuan membaca Al-Qur’an anak dan untuk mengetahui perubahan kemampuan membaca Al-Qur’an anak setelah dilaksanakan penerapan metode bimbingan kelompok di Desa Gunung Manaon Kecamatan Panyabungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan lapangan. Lokasi penelitian di Desa Gunung Manaon Kecamatan Panyabungan. Subjek penelitian. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Siklus I dan siklus II yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi,wawancara dan tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode bimbingan kelompok terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak berbeda yakni ada permasalahanyaitu(a)anak yang tidak lancar dalam membaca Al-Qur’an, (b)anak yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an.Setelah metode bimbingan kelompok di terapkan kelancaran anak-anak dalam memahami bacaan Al-Qur’an sudah mengalami perubahan dapat dilihat dari hasil siklus II pertemuan II yaituanak yang tidak lancar dalam membaca Al-Qur’an dari jumlah 8 anak (61%) menjadi 2 anak (15%), anak yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an dari jumlah 5 anak (38%) menjadi 0% (tidak ada). Dalam hal ini penerapan metode bimbingan kelompok terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anakdi Desa Gunung Manaon Kecamatan Panyabungansudah ada perubahan melalui tindakan yang telah dilakukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan membaca al-qur'an; Bimbingan kelompok desa
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 24 Apr 2020 15:10
Last Modified: 24 Apr 2020 15:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/909

Actions (login required)

View Item View Item