Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kepuasan konsumen dalam berbelanja di Grosir FIDA Kelurahan Sigalangan Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Wahyuni, Siti (2023) Analisis kepuasan konsumen dalam berbelanja di Grosir FIDA Kelurahan Sigalangan Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Grosir FIDA merupakan Grosir yang berada di Kelurahan Sigalangan yang didirikan oleh Bapak Maradoli Siregar dan Ibu Masidah Dalimunthe. Lokasinya tidak strategis jauh dari jalan raya dan masuk kedalam, tempatnya yang kurang luas, terdapat banyak rak yang berantakan dan penyusunan produk atau barang yang kurang tertata dengan rapi. Namun tidak mengurangi setiap konsumen yang berbelanja di Grosir FIDA. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kepuasan konsumen dalam berbelanja di Grosir FIDA Kelurahan Sigalangan Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan dengan menggunakan analisis SWOT. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kepuasan konsumen dalam berbelanja di grosir FIDA Kelurahan Sigalangan Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Pembahasan penelitian ini berkaitan tentang pengertian kepuasan konsumen, teori kepuasan konsumen, karakteristik yang diinginkan konsumen, aspek-aspek kepuasan konsumen, memuaskan kebutuhan konsumen,manfaat peningkatan kepuasan konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen, pengukuran kepuasan konsumen, kepuasan konsumen dalam perspektif ekonomi islam, pengertian kualitas pelayanan, unsur-unsur kualitas pelayanan, manfaat kualitas pelayanan, kualitas pelayanan dalam perspektif islam dan analisis SWOT. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu pemilik Grosir FIDA, karyawan Grosir FIDA dan konsumen. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Sampel yang diambil sebanyak 15 responden menggunakan teknik snowball sampling. Untuk pengumpulan data digunakan dengan wawancara, dokumentasi dan obsevasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan pengolahan data seperti reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dan analisis SWOT. Teknik pengecekan keabsahan data yaitu ketekunan pengamatan, menggunakan bahan referensi dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen merasa puas berbelanja di grosir FIDA dan kualitas pelayanan yang diberikan pemilik grosir FIDA kepada konsumen sudah memenuhi keinginan konsumennya. Berdasarkan hasil dari Internal Strategy Factor Analysis Sumary (IFAS) pada faktor kekuatan dan kelemahan memperoleh skor 3.69 dan Eksternal Strategy Factor Analysis Sumary (EFAS) pada faktor peluang dan ancaman memperoleh skor 3.66, bahwa keduanya menunjukkan posisi internal dan eksternal kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Damri Batubara, M.A.
Keywords: Grosir; Kepuasan konsumen; Kualitas pelayanan dan SWOT
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:05
Last Modified: 10 Aug 2023 08:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9079

Actions (login required)

View Item View Item