Yazid, Muhammad (2022) Analisis kepuasan wajib pajak terhadap pelayanan UPT. Samsat Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1740200205.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pelayanan siwajib pajak. Pelayanan yang diberikan dikantor wajib pajak SAMSAT Kota Panyabungan yang menjadi instansi pemerintahan daerah diharuskan dapat memberikan pelayanan terhadap masyarakat dengan maksimal dengan sebuah penyelenggaraan suatu pelayanan. Kepuasan wajib pajak juga termasuk salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian aparat wajib pajak. Wajib pajak tidak dapat merasakan kepuasan dengan langsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kepuasan konsumen atau wajib pajak dan pelayanan di UPT. Samsat Panyabungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepuasan dan keinginan siwajib pajak terpenuhi di UPT. Samsat Panyabungan dan untu mengetahui apakah pelayanan sesuai harapan siwajib pajak di UPT. Samsat Payanbungan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan kepuasan nasabah dan pelayanan Sehubungan dengan hal itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kepuasan nasabah dan pelayanan. Kepuasan nasabah adalah tingkat perasaan dimana seseorang menyatakan hasil perbandingan antara yang diterima dengan yang diharapkan, pelayanan adalah kemampuan merencanakan untuk membuat nasabah merasa nyaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Adapun uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji t dan uji f dengan menggunakan bantuan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan menggunakan SPSS versi 23 menunjukkan secara simultan terdapat pengaruh positif Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Pelayanan UPT. Samsat Panyabungan. jika kepuasan pelayanan semakin meningkat, maka tingkat kepuasan wajib pajak juga akan semakin meningkat dan akan meningkatkan pendapatan retribusi pajak pada UPT. Samsat Panyabungan, sebaliknya jika kurangnya kepuasan wajib pajak maka retribusi pendapatn pajak semakan menurun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, S.E.I., M.A. dan Azwar Hamid, M.A. |
Keywords: | Kepuasan; Pelayanan; Wajib pajak; Kendaraan motor; dan Samsat |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012728 Jizya, Kharaj, 'Ushr, Pajak (Tax) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 07:51 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9077 |
Actions (login required)
View Item |