Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh marketing mix terhadap kepuasan konsumen di Swalayan Rahmat Syariah Sitamiang

Yuandani, Yeni (2023) Pengaruh marketing mix terhadap kepuasan konsumen di Swalayan Rahmat Syariah Sitamiang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Swalayan Rahmat Syariah merupakan tempat pembelanjaan berupa toko yang menjual berbagai makanan, minuman segar maupun hasil olahan serta macam-macam perlengakpan rumah tangga. Berdasarkan latar belakang masalah penelitian ini membahas tentang masalah bagaimana kepuasan konsumen dalam berbelanja di Swalayan Rahmat Syariah Sitamiang untuk mengetahui kepuasan konsumen maka dilakukan pendekatan menggunakan marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan lokasi. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap kepuasan konsumen baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen yang berbelanja di Swalayan Rahmat Syariah Sitamiang. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori kepuasan konsumen, mengukur kepuasan konsumen, karakteristik yang diinginkan konsumen dan hubungan marketing mix dengan kepuasan konsumen. Teori menjelaskan bahwa pelayanan yang baik akan membuat konsumen puas dan membuat konsumen datang kembali. Harga yang dapat dijangkau oleh konsumen. Lokasi yang strategis, aman akan membuat konsumen nyaman. Produk yang lengkap sehingga, konsumen tidak pergi tempat yang lain dan memiliki promosi saat event-event tertentu Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 67 responden yang diambil dari konsumen Swalayan Rahmat Syariah Sitamiang dengan jenis metode Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, kemudian di analisis dengan menggunkan alat bantu statistic yaitu SPSS VERI 26. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk (varibael X1). Harga (variabel X2), Promosi (Variabel X3), Lokasi (variabel X4) dan Kepuasan Kosumen (variabel Y). Berdasarkan hasil penelitian secara parsial variabel produk, promosi dan lokasi tidak berpengaruh secra signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan untuk harga secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan secara simultan variabel produk, harga, promosi, dan lokasi (marketing mix) tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan memberikan konstribusi 06,1% terhadap kepuasan konsumen, selain itu 93.9% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A. dan Ja`far Nasution, M.E.I.
Keywords: Marketing mix; Kepuasan konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:42
Last Modified: 24 Jul 2023 04:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8986

Actions (login required)

View Item View Item