Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembelajaran akidah akhlak siswa Kelas VII di Madrasah Swasta Hajijah Amalia Sari Batunadua Julu Kota Padangsidimpuan

Siregar, Ahmed Israq (2023) Pembelajaran akidah akhlak siswa Kelas VII di Madrasah Swasta Hajijah Amalia Sari Batunadua Julu Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebab pendidikan merupakan sarana pembentuk kepribadian. Pendidikan merupakan salah satu pengajaran yang diselenggarakan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Pendidikan merupakan upaya sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didiksecara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pembahasan dalamp enelitian yang berkaitan dengan teori yang berkaitan dengan penelitian pembelajaran akidah akhlak, .Implementasi pendidikan aqidah akhlak dalam peserta didik memberikan solusi baru untuk menjadikan insan yang berakhlak kulkarimah. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidikan dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar Apabila pendidikan dikaitkan dengan ajaran Islam maka hal tersebut harus dengan pendidikan Islam. Pendidikan secara teoritis mengandung pengertian “member makna ”kepada jiwa anak didik sehingga mendapatkan kepuasan rohaniah, juga sering diartikan “menumbuhkan” kemampuan dasar manusia apabila diarahkan kepada pertumbuhan sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta Hajijah Amalia Sari Batunadua Julu Kota Padangsidimpunan. Penelitian ini bersifat kualitatif yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian yang bersifat kualitatif seperti data perimer atau data pokok dalam penelitian seperti guru mata pelajaran. Sumber data sekunder yaitu data pelengkap dalam penelitian ini seperti peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII yang pertama dilakukan yaitu persiapan membuat perencanaan yang tertulis yang berisi tujuan pembelajaran atau RPP, menggunakan metode dalam pembelajaran, tujuan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran, serta persiapan terhadap seorang guru, peserta didik, fasilitas, dan lingkungan sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd. dan Latifa Annum Dalimunthe, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Pembelajara; Pendidikan; Akidah; Akhlak; Guru; Peserta didik; dan Madrasah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:14
Last Modified: 24 Jul 2023 02:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8978

Actions (login required)

View Item View Item