Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan disiplin belajar pendidikan agama Islam melalui metode pembiasaan dan media audio visual pada siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Padangsidimpuan

Siregar, Hendri (2021) Peningkatan disiplin belajar pendidikan agama Islam melalui metode pembiasaan dan media audio visual pada siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1823100274.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang gambaran disiplin belajar pendidikan agama islam melalui metode pembiasaan dan media audio visual. Penelitian ini dilatar belakangi karena masalah yang sering terjadi dalam mata pelajaran pendidikan agama islam ialah kurangnya disiplin belajar pendidikan agama islam karena metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dominan memakai metode ceramah dan diskusi. Untuk itu peneliti memberikan solusi dalam metode pembiasaan dan media audio visual dalam pembelajaran. Melalui metode pembiasaan dan media audio visual ini diharapkan agar disiplin belajar dapat meningkat sesuai dengan KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan disiplin belajar pendidikan agama islam melalui metode pembiasaan dan media audio visual pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan model kurt lewin yaitu penelitian tindakan yang terdiri dalam empat komponen pokok yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini kelas IV sebanyak 30 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa Disiplin Belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV dapat meningkat melalui Metode Pembiasaan Dan Media Audio Visual. Peningkatan ini dapat dilihat dari lembar observasi yang diberi peneliti. Hasil tindakan pada siklus 1 adalah rata-rata 38,74, siklus II adalah rata-rata 66,53 dan siklus III adalah rata-rata 84,7. Dilihat dari hasil tindakan siklus I sampai siklus III terdapat peningkatan yang menunjukkan adanya peningkatan hasil Disiplin Belajar Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian hipotesis penelitian dapat diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A.
Keywords: Disiplin belajar; Pendidikan agama Islam; Metode pembiasaan; dan Media audio visual
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:02
Last Modified: 21 Jul 2023 02:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8968

Actions (login required)

View Item View Item