Ilham, Ilham (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada materi sistem persamaan linear satu variabel di Kelas VII SMP IT Adz Dzaki Wal Hadi Pulau Rakyat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1620200019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak hal yang dapat menghambat kemampuan berpikir siswa sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa, bahkan sering terjadi kegagalan dalam proses belajar mengajar yang ditandai dengan lemahnya kemamuan siswa dalam menentukan alternative pemecahan soal yang diberikan oleh guru. Hal ini dapat kita lihat dari nilai hasil belajar siswa yang kurang memuaskan, ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah dan masih jauh dari apa yang diharapkan itu dikarenakan banyak siswa yang kurang paham dari kegiatan belajar. Ketika diberikan soal-soal latihan siswa kesulitan dalam menjawab soal-soal tersebut. Dengan demikian peneliti meyakini bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division) dapat mempengaruhi berpikir kreatif Matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel Di SMP Swasta IT “Adz Dzaki Wal Hadi” Pulau Rakyat? Sehingga yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel Di SMP Swasta IT “Adz Dzaki Wal Hadi” Pulau Rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII Di SMP Swasta IT “Adz Dzaki Wal Hadi” Pulau Rakyat Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 86 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 23 siswa di kelas VII-I dan 20 siswa di kelas VII-II dengan menggunakan tes berbentuk uraian yang berjumlah 5 soal materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu t_hitung>t_tabel=5,14>2,020 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil berpikir kreatif siswa kelas eksperimen yang menggunakan Student Teams Achievement Division dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan Student Teams Achievement Division pada materi sistem persamaan linear satu variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Nur Fuziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif student teams achievement division; Berpikir kreatif; Sistem persamaan linear satu variabel |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 03:25 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 03:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8966 |
Actions (login required)
View Item |