Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran upaya meningkatkan volume penjualan Perumahan Griya Bukit Asri pada PT. Mandiri Karya Properti

Pasaribu, Panji Ashari (2022) Strategi pemasaran upaya meningkatkan volume penjualan Perumahan Griya Bukit Asri pada PT. Mandiri Karya Properti. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200270.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Kenyataan atas tidak terpenuhinya target penjualan perumahan Griya Bukit Asri sejak tahun 2016 sampai dengan tahun 2020 membuat PT. Mandiri Karya properti perlu melakukan evaluasi untuk mengetahui faktor penyebabnya. PT. Mandiri Karya Properti selama ini dalam memasarkan perumahan Griya Bukit Asri mempunyai strategi pemasaran yang telah dijalankan sejak lama. Namun, strategi pemasaran yang dilakukan tidak cukup efektif, hal ini dilihat dari volume penjualan yang cenderung berfluktuasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Mandiri Karya Properti untuk meningkatkan penjualan jumlah unit perumahan Griya Bukit Asri. Pembahasan dalam penelitian ini antara lain berkaitan dengan strategi pemasaran, bauran pemasaran (marketing mix), pemasaran syariah, volume penjualan dan perumahan rakyat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif, yaitu memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian yaitu bagaimana strategi pemasaran perumahan Griya Bukit Asri untuk meningkatkan volume penjualan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Informan penelitian ini adalah karyawan PT. Mandiri Karya Properti dan konsumen perumahan Griya Bukit Asri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran perumahan Griya Bukit Asri belum efektif dan tidak up to date. Metode promosi produk sejauh ini masih menggunakan strategi pemasaran yang tradisional atau pemasaran offline menggunakan penyebaran brosur yang disebarkan pada masyarakat serta melalui sosialisasi pengenalan produk yang dilakukan di instansi tanpa melibatkan kecanggihan teknologi. Padahal pemasaran online dengan memanfaatkan media sosial adalah metode yang murah, mudah dan menyeluruh karena dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si.
Keywords: Volume penjualan; Marketing mix; Subsidi
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1205 Urban and Regional Planning > 120503 Housing Markets, Development, Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:26
Last Modified: 20 Jul 2023 02:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8961

Actions (login required)

View Item View Item