Aziz, Abdul (2022) Peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720100135.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah banyak siswa SMP Negeri 2 Panyabungan yang tidak dapat membaca Al-Qur’an. Guru adalah pendidik yang memberikan sejumlah ilmu pengetahuan kepada siswa di sekolah. Guru juga bertugas menanamkan nilai-nilai dan sikap kepada siswa agar siswa memiliki kepribadian yang sesuai dengan keilmuan yang dimiliki guru, dan juga membimbing siswa dalam mengembangkan potensinya. Guru Pendidikan Agama Islam memliki tanggungjawab untuk membimbing dan mengajari siswa-siswinya agar bisa membaca Al-Qur’an melalui program yang telah tersedia di sekolah. Rumusan masalah dalam penlitian ini adalah peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Panyabungan, faktor pendukung dan faktor penghambat guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’andi SMP Negeri 2 Panyabungan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Panyabungan dan untuk dapat mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Panyabungan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Subjek penelitiannya adalah guru Pendidikan Agama Islam yang ada di SMP Negeri 2 Panyabungan kabupaten Mandailing Natal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam adalah sebagai pembimbing siswa untuk memberi pelajaran membaca Al-Qur’an dengan baik, memberikan motivasi kepada siswa agar lebih giat lagi belajar membaca Al-Qur’an, memberikan fasilitas belajar membaca Al-Qur’an seperti alokasi waktu dengan adanya program membaca Al-Qur’an, tersedianya Al-Qur’an, Juz Amma dan buku-buku tajwid dan guru berperan sebagai evaluator atas semua kegiatan membaca Al-Qur’an. Fakor penghambat adalah banyak siswa tidak lancar membaca Al-Qur’an, kurangnya ilmu tajwid, makharijul huruf, guru wali kelas sebagian tidak bisa mengajarkan Al-Qur’an dengan baik sedangkan faktor pendukungnya adalah tersedianya Al-Qur’an, juz Amma dan buku-buku tajwid untuk mendukung membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Keywords: | Peran guru PAI; Kemampuan membaca al-Qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 01:31 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 01:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8955 |
Actions (login required)
View Item |