Tussyifa, Laila (2022) Upaya guru dalam mencapai mutu pendidikan agama Islam di SD Negeri 364 Panggautan Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720100187.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang menarik. Diantaranya, rendahnya mutu pendidikan agama Islam di SD Negeri 364 Panggautan Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal. Hal ini dapat dilihat dari waktu yang kurang relatif terbatas untuk mengajar atau membimbing siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Dilihat dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) siswa belum sepenuhnya mencapai nilai KKM, nilai KKM mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 364 Panggautan adalah 75. Dilihat dari perilaku siswa sehari-hari masih banyak siswa yang belum bisa mengaplikasikan apa yang diajarkan oleh guru pendidikan agama Islam seperti masih banyak siswa yang perilakukannya kurang baik, kurang sopan santun dan jika dilihat dari praktek wudhu dan shalatnya masih ada beberapa siswa yang melakukan kesalahan seperti siswa yang lupa menyapu sebagian kepala, kurang sempurnanya membasuh kaki hingga mata kaki, membaca doa sesudah berwudhu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam mencapai mutu pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam mencapai mutu pendidikan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, jenis penelitin yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data melalui pengumpulan data, memeriksa kelengkapan data, deskriptif data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, upaya guru dalam mencapai mutu pendidikan agama Islam di SD Negeri 364 Panggautan antara lain: pembenahan kurikulum, membangkitkan sikap kreatif, inovatif, dan demokratis, peningkatan kualifikasi pendidikan, penetapan standar kelengkapan media dan metode, kualitas sarana dan prasarana, pelaksanaan program mencapai mutu pendidikan, penciptaan iklim dan suasana yang kompetitif dan koperatif dalam meningkatkan kualitas siswa dan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A. dan Latifa Annum Dalimunthe, M.Pd.I. |
Keywords: | Upaya; Mutu pendidikan agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:12 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 04:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8951 |
Actions (login required)
View Item |