Siregar, Ervina (2023) Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam melalui pemberian tugas bagi siswa Kelas IV SDN No 101212 Padang Bujur Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720100203.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar PAI pada siswa disebabkan oleh penggunaan metode yang kurang sesuai, dimana guru hanya memberikan penjelasan materi pembelajaran yang bersifat teoritis. Sedangkan siswa diminta untuk duduk diam dan mendengarkan penjelasan oleh guru tersebut. Hal ini dapat memicu siswa kurang fokus ketika proses pembelajaran sedang berlangsung serta tugas-tugas yang diberikan tidak dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Melihat fakta tersebut, maka perlu dikembangkan suatu metode atau teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Karena pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah pembelajaran yang mencakup banyak bahan ajar, sehingga perlu melihat konteksnya. Dengan demikian peneliti menawarkan suatu teknik pembelajaran yaitu melalui pemberian tugas. Berdasarkan hal tersebut dirumuskan masalah secara khusus yaitu apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui pemberian tugas di kelas IV SDN No 101212 Padang Bujur Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Sejalan dengan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui pemberian tugas di kelas IV SDN No 101212 Padang Bujur Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat kali pertemuan (2 siklus). Pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari dua kali pertemuan, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi siklus I pertemuan pertama dan kedua menjadi bahan acuan untuk melanjutkan siklus II. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan siswa dengan teknik pemberian tugas harian. Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa metode pemberian tugas belajar memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus 1 pertemuan I dan II, serta siklus 2 pertemuan I dan II) yaitu masing-masing 20%, 40%, 70,66% dan 86,66%. Pada siklus 2 pertemuan II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd. |
Keywords: | Guru; Hasil belajar; Pemberian tugas |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 03:57 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 03:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8949 |
Actions (login required)
View Item |