Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) pada pokok bahasan statistika di Kelas VIII MTs Swasta Alliful Ikhwan SAA Silangkitang Kabupaten Labuhan Batu Selatan

Anggraini, Yolla Fitri (2023) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) pada pokok bahasan statistika di Kelas VIII MTs Swasta Alliful Ikhwan SAA Silangkitang Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan sangat menarik dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar siswa/i dan guru sehingga membuat siswa lebih aktif dalam melakukan kegiatan sehingga pelajaran matematika mendapat perhatian dari siswa dan lebih disenangi oleh siswa. Permasalahan dalam pembelajaran yaitu siswa mengalami kesulitan dalam mendalami dan memahami materi statistika terutama dalam menyeesaikan soal-soal tentang statistika. Untuk mengetahui validitas lembar kerja siswa pada materi statistika berbasis Contextual Teaching Learning untuk siswa kelas VIII MTs Swasta Alliful Ikhwan Kecamatan Silangkitang dan untuk mengetahui praktikaitas lembar kerja siswa pada materi statistika berbasis Contextual Teaching Learning untuk siswa kelas VIII MTs Swasta Alliful Ikhwan Kecamatan Silangkitang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang disebut juga dengan istilah Research & Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini memodifikasi dari tahap pengembangan Borg And Gall. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dari penilaian tiga ahli diketahui lembar kerja siswa berbasis kontekstual yang dikembangkan sudah valid secara keseluruhan LKS yang didesain melalui pendekatan CTL memperoleh nilai validitas dari ahli media sebesar 89.52 dengan kategori sangat valid, hasil dari ahli bahasa diperoleh nilai sebesar 77.41 yaitu dengan kategori valid, hasil dari ahli materi nilai sebesar 89.52 yaitu dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui hasil angket yang diberikan kepada siswa untuk melihat tanggapan siswa diketahui pencapaian persentase hasil angket sebesar 91.05 yaitu berada pada kategori sangat praktis. Pada indikator ketertarikan diperoleh nilai persentase sebesar 92.00 dengan kategori sangat praktis. Pada indikator materi diperoleh nilai persentase sebesar 89.88 dengan kategori sangat praktis. Pada indikator bahasa diperoleh nilai persentase sebesar 91.50 dengan kategori sangat praktis. Pencapaian ini menunjukkan bahasa yang digunakan dalam LKS mudah dipahami para siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si.
Keywords: Pengembangan; LKS; CTL; Statistika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:17
Last Modified: 18 Jul 2023 03:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8944

Actions (login required)

View Item View Item