Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan pecahan Kelas IV SD Negeri 032 Desa Sinonoan Kecamatan Siabu

Rizqi, Sri Annisa (2022) Penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan pecahan Kelas IV SD Negeri 032 Desa Sinonoan Kecamatan Siabu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan berawal dari wawancara dengan salah satu guru bidang studi Matematika SD Negeri 032 Desa Sinonoan Kecamatan Siabu yang mengatakan bahwa hasil belajar Matematika siswa rendah. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru kurang bervariansi sehingga pembelajaran kurang menarik perhatian siswa sehingga hasil belajar menjadi tidak maksimal. Rumusan masalah penelitian adalah apakah dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistic dapat meningkatkan hasil belajar Matematika dan bagaimana proses penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV materi pecahan di SD Negeri 032 Desa Sinonoan Kecamatan Siabu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa materi pecahan kelas IV SD Negeri 032 Desa Sinonoan Kecamatan Siabu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara berdaur atau siklus. Dalam penelitian ini dilakukan dengan dua kali Siklus.Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan.Instrumen yang dilakukan adalah tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 032 Desa Sinonoan Kecamatan Siabu yang berjumlah 20 siswa. Setelah penelitian ini dilakukan diperoleh hasil tes awal dengan jumlah siswa yang tuntas 4 siswa dari 20 siswa atau 20% dari jumlah siswa. Hasil tes dari Siklus I Pertemuan ke-1 diperoleh dengan nilai rata-rata 50.25 dengan persentase ketuntasan 35% dan pada Siklus I Pertemuan ke-2 diperoleh dengan nilai rata-rata 60 dengan persentase ketuntasan 55%. Pada Siklus II Pertemuan ke-1 diperoleh dengan nilai rata-rata 75.5 dengan persentase ketuntasan 75% dan pada Siklus II Pertemuan ke-2 diperoleh dengan nilai rata-rata 82.25 dengan persentase ketuntasan 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada tiap Siklusnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Dra. Asnah, M.A.
Keywords: Pendekatan pendidikan matematika realistik; Hasil belajar; Pecahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:05
Last Modified: 18 Jul 2023 03:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8943

Actions (login required)

View Item View Item