Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kompetensi pedagogik guru pasca sertifikasi di pondok pesantren Syahbuddin Mustafa Nauli Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara

Hasibuan, Soiba (2017) Kompetensi pedagogik guru pasca sertifikasi di pondok pesantren Syahbuddin Mustafa Nauli Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah peneliti melihat bahwa guru kurang memberikan motivasi pada siswa dan dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang menyentuh aspek psikologis siswa, Kurang mampu dalam mengelolah kelas, sehingga siswa kurang antusias dan kurang tertarik untuk mempelajari mata pelajaran yang diberikan guru di Pondok Pesantren Syahbuddin Mustafa Nauli Kecamatan Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara. Rumusan masalah penelitian ini terdiri: 1. Bagaimana kompetensi pedagogik guru pasca sertifikasi di Pondok Pesantren Syahbuddin Mustafa Nauli Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara. 2. Apa tindakan yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pasca sertifikasi di Pondok Pesantren Syahbuddin Mustafa Nauli Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Untuk mengetahui penelitian ini, maka menggunakan pengelolaan dan analisis data secara kualitatif deskriftif. Dimana dalam penelitian ini melaksanakan riset lapangan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data kelapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada guru yang tersertifikasi di Pondok Pesantren Syahbuddin Mustafa Nauli Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam pasca sertifikasi dilaksanakan secara efektif sesuai dengan format RPP dan dalam pembuatan RPP, metode dan media pembelajaran mereka mendapatkan pelatihan yang khusus dari kepala sekolah dan membentuk tim yakni KKG (Kelompok Kerja Guru). Dan adapun tindakan yang dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi profesional guru pasca sertifikasi di Pondok Pesantren Syahbuddin Mustafa Nauli Kecamatan Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara yaitu dengan membuat RPP, meningkatkan penguasaan materi, metode yang bervariasi dan menggunakan media yang sesuai dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kompetensi pedagogik; RPP; KKG
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2020 03:29
Last Modified: 23 Apr 2020 03:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item