Pasaribu, Nona Soraya (2023) Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan manufaktur dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) sebagai variabel moderasi. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2150200017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Profitabilitas perusahaan akan mencerminkan kinerja keuangan perusahaan. Kinerja keuangan yang baik mampu meningkatkan nilai perusahaan yang akan tercermin dari harga pasar sahamnya dan meningkatkan kemakmuran pemegang saham (stakholders). Profitabilitas juga merupakan faktor yang membuat manajemen bebas dan fleksibel untuk mengungkapkan corporate social responsibility kepada pemegang saham. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat profitabilitas perusahaan, semakin besar pengungkapan informasi. Maka, penelitian ini bermaksud untuk melihat bagaimana pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dan apakah Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance efektif memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan manufaktur di Jakarta Islamic Index. Sebab itu, studi ini penting dan menjadi rujukan kepada investor dan calon investor sebagai bahan pertimbangan dan referensi dalam memilih perusahaan untuk berinvestasi. Studi ini didukung dengan berbagai teori, sebagai grand theory adalah The agency theory dan Signaling Theory. Middle theory penelitian ini adalah Contract theory, serta applied theory penelitian ini adalah firm value theory, teori ini untuk mengukur nilai jual perusahaan atau nilai tumbuh bagi pemegang saham, nilai perusahaan yang akan tercermin dari harga pasar sahamnya. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif yang dilakukan tahun 2021 di Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Adapun teknik sampling yang dipakai adalah purposive sampling dengan dua puluh empat perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index (JII). Mengingat model dalam penelitian ini adalah model kausalitas untuk beberapa perusahaan manufaktur, maka untuk menguji hipotesis digunakan data cross section dengan pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan program Partial Least Square (PLS 4.0). Hasil uji direct effect profitabilitas secara langsung tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, hasil uji direct effect moderasi CSR secara langsung tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan begitu juga hasil uji direct effect GCG tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Arbanur Rasyid, M.A. dan Dr. Rukiah, M.Si. |
Keywords: | Profitabilitas; Nilai perusahaan; Corporate social responsibility; Good corporate governance |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 05:42 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 05:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8919 |
Actions (login required)
View Item |