Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi peningkatan mutu pendidikan melalui asrama terpadu di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang Sidempuan

Rambe, Hannum (2023) Strategi peningkatan mutu pendidikan melalui asrama terpadu di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang Sidempuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2150100033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Sekarang ini banyak sekolah berlomba-lomba untuk meningkatkan mutu pendidikannya. Sekolah melakukan berbagai macam cara untuk meraihnya, salah satu diantaranya dengan mengadakan asrama di Madrasah dan membuat strategi untuk mencapai mutu pendidikan. Rumusan masalah yang akan di sajikan (1) bagaimana strategi peningkatan mutu pendidikan melalui asrama terpadu (2) dan apa saja faktor pendukung dan penghambat peningkatan mutu melalui asrama (3) hasil apa saja yang dicapai untuk peningkatan mutu melalui asrama Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1). strategi peningkatan mutu pendidikan melalui asrama terpadu di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang Sidempuan.(2). faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peningkatan mutu pendidikan melalui asrama terpadu Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang Sidempuan. (3). Capaian hasil peningkatan mutu pendidikan melalui asrama terpadu di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang Sidempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. subjek penelitiannya di asrama terpadu di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang Sidempuan Sedangkan informannya adalah Kepala Sekolah Madrasah Aliyah, guru, pembina asrama dan siswa yang tinggal di asrama. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini yaitu (1) strategi yang dilakukan oleh pembina asrama dan pihak madrasah antara lain, strategi melalui penambahan pelajaran di asrama, strategi melalui hiden kurikulu, strategi melalui program ekstra kurikuler, strategi melalui pembinaan akhlak (karakter), strategi melalui program bahasa (bahasa arab dan bahasa inggris), strategi menanamkan nilai-nilai keagamaan (2)Faktor pendukung dan menghambat peningkatan mutu pendidikan melalui asrama terpadu Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang Sidempuan ini adalah kebiasaan yang baik dari peserta didik,pendidikan yang memadai, antusiasme peserta didik, fasilitas yang memadai, dan mempunyai maafaat yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan sekitar, dan biaya. (3) Dengan adanya capaian hasil peningkatan mutu di asrama aspek kognitif dari siswa meningkat seperti hasil capaian siswa yang ada pada tabel 4.7, Dengan adanya strategi peningkatan mutu di asrama aspek apektif dari siswa mengalami peningkatan yang terlihat signifikan dari hasil wawancara dan observasi peneliti di MAN 2 Padang sidempuan. Dengan adanya streategi peningkatan mutu di asrama aspek psikomotorik siswa mengalami peningkatan seperti mendapatkan juara di berbagai even di tingkat kota, provinsi, bahkan nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A.
Keywords: Strategi; Peningkatan mutu; Pendidikan; Asrama terpadu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:58
Last Modified: 12 Jul 2023 03:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8917

Actions (login required)

View Item View Item