Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa di MTS Nurul Falah Panompuan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Nurliana Shinta (2023) Implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa di MTS Nurul Falah Panompuan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2150100029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an, salah satu metode yang di gunakan adalah metode talaqqi. Metode ini dilakukan secara face to face atau langsung dengan guru dan murid. Sehingga metode ini sangat cocok di lakukan dalam proses pembelajaran tahfidzul Qur’an. Pada metode ini seorang murid harus berhadapan langsung dengan guru baik sendiri maupun beberapa murid. Saat seorang melakukan kekeliruan pengajar langsung memperbaiki dan membenarkan kekeliruannya. menghafal Al Qur’an Memerlukan suatu tekhnik dan metode yang mampu memudahkan usaha usaha tersebut agar menerima hasil yang memuaskan. Rumusan masalah Bagaimana implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan Al Qur’an siswa di Mts Nurul Falah panompuan?. Bagaimana dampak implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan Al Qur’an siswa di Mts Nurul Falah panompuan?, Apa problematika implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan Al Qur’an siswa di Mts Nurul falah panompuan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Untuk mengetahui implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa di Mts Nurul Falah panompuan. Untuk mengetahui dampak penggunaan metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa di Mts Nurul Falah panompuan. serta Untuk mengetahui problematika metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa di Mts Nurul Falah panompuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Metode deskriptif ialah penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya sesuai dengan konteks pendidikan, instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Pelaksanaan hifzul Qur’an di pondok pesantren Nurul Falah dengan menggunakan metode talaqqi yaitu dimana dua santri bergantian menyetorkan hafalannya langsung kepada pengasuh baik tambahan maupun deresan/muroja’ah, 2) Faktor penghambat dan pendukung implementasi metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Nurul Falah Panompuan, dari factor penghambat, yaitu santri kesulitan dalam mengatur waktu, santri kurang istiqomah. Dari faktor pendukung, yaitu adanya sarana dan prasarana yang sudah memadai, adanya pembinaan kualitas baik dibidang ilmu tajwid, fashahah dan pembinaan tentang cara menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’an, tenaga pengajar sesuai bidangnya, yaitu Al-Qur’an, kondisi lingkungan yang tenang.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. dan Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd.
Keywords: Metode talaqqi; Hafalan al-Qur'an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:41
Last Modified: 12 Jul 2023 03:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8916

Actions (login required)

View Item View Item