Wardana, Ahmad (2023) Determinan kepuasan konsumen swalayan di Kota Padangsidimpuan dengan shopping life style sebagai variabel moderating. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2050200012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Tingkat penjualan di ritel swalayan kota Padangsidimpuan masih tergolong rendah meskipun ritel swalayan terus bertambah, hal ini belum sesuai dengan pertumbuhan pendapatan yang diharapkan oleh ritel swalayan di kota Padangsidimpuan. Hal ini menunjukkan bahwa penambahan ritel swalayan belum merupakan solusi yang tepat untuk mendapatkan penjualan yang lebih tinggi. Banyak hal yang harus diantisipasi untuk mengimbangi persaingan, bukan hanya melihat kuantitas tetapi juga meningkatkan kualitas ritel swalayan di kota Padangsidimpuan. Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, Ritel Swalayan perlu memperhatikan gaya hidup berbelanja masyarakat Kota Padangsidimpuan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis detremnan (produk, pelayanan, emosional, iklan, kemudahan) terhadap kepuasan konsumen dengan shopping life style sebagai variabel moderating.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli di ritel swalayan yang ada di 3 kecamatan Kota Padangsidimpuan sebanyak 140 orang. Peneliti menggunakan cluster sampling. Karena basicnya adalah simple random sampling maka menjadi cluster random sampling area sehingga diperoleh 3 kecamatan. Dengan populasi responden 140 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software Smart-PLS Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, pelayanan, emosional, dan shopping life Style berpengaruh positif dan signifikan, iklan berpengaruh negatif namun tidak signifikan sedangkan kemudahan berpengaruh positif dan singifikan terhadap kepuasan konsumen. Shopping life style memoderasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian ulang konsumen secara positif namun dan signifikan. Shopping life style memoderasi produk, pelayanan, emosional, dan kemudahan berpengaruh dan signifikan, sedangkan iklan berpengaruh negative namun tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Arbanur Rasyid, M.A. dan Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si. |
Keywords: | Produk; Pelayanan; Emosional; Iklan; Kemudahan; Shopping life style; Kepuasan konsumen |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 01:55 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 01:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8906 |
Actions (login required)
View Item |