Daulay, Ulan Dari (2023) Analisis pengaruh penggunaan fintech dan literasi keuangan terhadap kinerja usaha UMKM di Kota Padangsidimpuan dengan digital marketing sebagai variabel moderating. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2050200001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Peningkatan kinerja UMKM merupakan permasalahan penting yang harus dibahas untuk keberhasilan dan keberlangsungan suatu usaha. Pengelolaan yang baik, inovasi dan teknologi memberikan kemudahan, kenyamanan, dan kebermanfaatan dalam meningkatkan kinerja usaha UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan fintech dan literasi keuangan terhadap kinerja usaha UMKM di Kota Padangsidimpuan dengan digital marketing sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Model (SEM) dengan alternatif Partial Least Square (PLS). Populasi penelitian adalah UMKM yang ada di Kota Padangsidimpuan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 142 UMKM dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Penggunaan fintech berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha UMKM (2) Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha UMKM (3) Digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha UMKM (4) Digital marketing memperkuat pengaruh penggunaan fintech terhadap kinerja usaha UMKM (5) Digital marketing memperlemah pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja usaha UMKM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Rukiah, S.E., M.Si. dan Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. |
Keywords: | Fintech; Literasi keuangan; Digital marketing; Kinerja usaha; UMKM |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 01:38 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 08:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8904 |
Actions (login required)
View Item |