Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Manajemen program tahfizh al-Qur’an dalam meningkatkan mutu hafalan di Madrasah Aliyah Swasta Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan

Aminah, Siti (2023) Manajemen program tahfizh al-Qur’an dalam meningkatkan mutu hafalan di Madrasah Aliyah Swasta Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2050100036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan pilar penting bagi Negara sebagai wahana meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Peningkatan kualitas sumber daya manusia harus direncanakan dengan sistematis, terarah dan fokus pada kepentingan memajukan ilmu pengetahuan yang dilandasi oleh iman dak takwa. Adapun yang menjadi Latar belakang masalah yang ditemui mengenai manajemen kurikulum pembelajaran tahfidz Al-Qur`an yang dilaksanakan di Madrasah Hajijah Amalia Sari Padangsidmpuan terlihat: 1) Manajemen pembelajaran tahfizh Al-Qur`an yang dilaksanakan sudah ada namun belum berjalan secara efektif. 2) Hasil implementasi manajemen pembelajaran tahfizh Al-Qur’an sudah berjalan namun perlu terus untuk dioptimal sesuai dengan program pembelajaran yang direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang manajemen program tahfizh Al-Qur’an di Madrasah Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan, meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, juga faktor-faktor yang menjadi penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, Pembina tahfizh, pengurus, serta santri. Pengumpulan data menggunakan teknik Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Instrument penelitian meliputi pedoman wawancara, panduan observasi, alat bantu rekam dan gambar. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) perencanaan program tahfizh Al-Qur’an dengan menentukan Visi, Misi, dan Tujuan pendidikan dan menyusun program-program. Menetapkan metode dan materi pembelajaran yang menjadi acuan dalam proses pelaksanaan pembelajaran tahfizh Al-Qur’an. Menentukan penilaian terhadap keberhasilan santri. (2) Pelaksanaan program tahfizh Al-Qur’an disesuaikan dengan semua jadwal kegiatan yang telah disusun. Untuk melaksanakan program tahfizh Al-Qur’an di Madrasah Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan menggunakan metode sorogan dan muraja’ah dalam pelaksanaan pembelajaran ini penulis menemukan beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses menghafal Al-Qur’an baik faktor pendukung maupun faktor penghambat. (3) evaluasi program dilakukan untuk menilai hasil hafalan para santri, dilaksanakan dalam bentuk setoran hafalan dan sima’an bersama setiap minggu dan setiap bulan. Hal ini juga bertujuan agar santri tidak mudah lupa terhadap hafalannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A.
Keywords: Manajemen; Tahfizh; al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:14
Last Modified: 10 Jul 2023 09:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8902

Actions (login required)

View Item View Item