Arbani, Arbani (2023) Peranan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Mandailing Natal. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2050100033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Madrasah merupakan lembaga pendidikan Islam yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, madrasah atau lembaga pendidikan membutuhkan sumber daya manusia yang profesional. Kepala madrasah merupakan peran besar bagi suatu pendidikan karena sangat berpengaruh dalam perkembangan suatu pendidikan. Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) 5 Kabupaten Mandailing Natal adalah salah satu madrasah unggul di Kabupaten Mandailing Natal menurut penilaian dari Kementerian Agama Islam. Kriteria yang paling menonjol dari sisi akademik adalah madrasah ini dalam kurun waktu lima tahun terakhir nilai Akademik Madrasah sangat baik. Terbukti bahwa madrasah tersebut terakreditasi A. Namun demikian, sejalan dengan pengembangan mutu MTs N 5 Kabupaten Mandailing Natal, masih banyak aspek yang harus dibenahi untuk menuju Madrasah yang bermutu. MTs N 5 Kabupaten Mandailing Natal tingkat disiplin guru maupun siswa masih ditingkatkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs Negeri 5 Mandailing Natal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis terhadap data yang telah diperoleh menggunakan metode deskriptif-analitik. Sumber data pada penelitian ini diantaranya adalah kepala madrasah, guru beserta staf tata usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Peran kepala Madrasah sebagai edukator adalah menjalin hubungan baik dan memberikan motivasi kepada guru, pegawai dan siswa. Sebagai administrator yaitu membuat perencanaan, pengorganisasian dan pengarahan. Sebagai supervisor melaksanakan metode yang bervariasi, mengatasi permasalahan yang dihadapi guru dan Memberi pelayanan kepada guru agar dapat menggunakan kemampuannya dalam melaksanakan tugas. Sebagai Leader memiliki kemampuan membangun visi, misi, dan strategi lembaga, mempunyai keterampilan melakukan komunikasi dan memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan, 2) Peningkatan mutu pendidikan Islam yaitu guru sebagai tenaga pendidik guru harus mempunyai pendidikan yang tinggi. Di MTs Negeri 5 Mandaling Natal siswa-siswi memegang peran yang sangat dominan dalam proses belajar mengajar, 3) Faktor penghambat kurangnya kedisplinan para siswa-siswi, fasilitas Madrasah yang kurang memadai, rendahnya motivasi guru yang belum PNS dan juga Faktor wilayah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A. |
Keywords: | Kepala madrasah; Mutu pendidikan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:39 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8900 |
Actions (login required)
View Item |