Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MAN 1 Tapanuli Tengah Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah

Ismail, Rudya (2023) Implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MAN 1 Tapanuli Tengah Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2050100032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih dijumpai guru al-Qur’an al- Hadis yang menilai hanya sebagai formalitas, menilai siswa hanya sekedarnya. Padahal jika mengacu pada penilaian kurikulum 2013 terdapat banyak macam- macam penilaian autentik, diantaranya: penilaian autentik aspek afektif, penilaian aspek kognitif, penilaian aspek psikomotorik. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang penilaian autentik guru Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Tapanuli Tengah Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Fokus penelitian dalam Tesis ini adalah 1. Bagaimana perencanaan penilaian autentik pada mata pelajaramn Al-qur’an Hadis di MAN 1 Tapanuli Tengah? 2. Bagaimana implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran Al-qur’an Hadis di MAN 1 Tapanuli Tengah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterprestasikan. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama, penilaian autentik aspek afektif (spiritual dan sosial) yang digunakan di MAN 1 Tapanuli Tengah Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah sesuai dengan Permendikbud tetapi tidak bertentangan dengan Permendikbud dalam penerapannya guru al-Qur’an al-Hadis menggunakan tehnik observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Kedua, penilaian autentik aspek kognitif (pengetahuan) yang digunakan di di MAN 1 Tapanuli Tengah Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah sesuai dengan Permendikbud dalam penerapannya guru al-Qur’an al-Hadis menggunakan tehnik tes tulis dan tes lisan hal ini digambarkan untuk tehnik tes tulis digunakan untuk mengevaluasi siswa dengan melaksanakan ulangan harian sedangkan tes lisan digunakan diawal dan diakhir pembelajaran kalau diawal pembelajaran untuk mengapersepsi pelajaran minggu lalu, diakhir pembelajaran untuk memantapkan pembelajaran. Ketiga,penilaian autentik aspek psikomotorik (keterampilan) yang digunakan di MAN 1 Tapanuli Tengah Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah sesuai dengan Permendikbud dalam penerapannya guru al-Qur’an al-Hadis menggunakan tehnik praktik, proyek dan portofolio.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Zulhammi., M.Ag., M.Pd.
Keywords: Implementasi; Penilaian autentik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:30
Last Modified: 10 Jul 2023 08:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8899

Actions (login required)

View Item View Item