Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nahdhatul Ulama Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas

Hsb, Basaruddin (2022) Strategi pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nahdhatul Ulama Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
2050100024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nahdhatul Ulama Sibuhuan berbeda dengan pendidikan karakter di Madrasah lainnya. Salah satunya di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nahdhatul Ulama dari dahulu sampai sekarang selalu menampilkan kultum (kuliah 7 menit) setiap hari di apel pagi, kemudian sekarang ini dibuat yasinan setiap hari jum’at. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nahdhatul Ulama Sibuhuan. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui strategi Pendidikan Karakter di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nahdhatul Ulama Sibuhuan. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru dalam mengembangkan pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nahdhatul Ulama Sibuhuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriftif kualitatif. dengan instrument data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: 1) Bentuk strategi pengembangan pendidikan karakter yang dilakukan guru Madrasah Tsanawiyah Swasta Nahdhatul Ulama Sibuhuan dilakukan dengan menanamkan nilai religious, nilai jujur, nilai disiplin, nilai semangat kebangsaan dan nilai menghargai prestasi di sekolah. 2) Faktor pendukung yang dilaksanakan guru dalam pengembangan pendidikan karakter yaitu adanya pendekatan yang dilakukan guru, adanya perhatian khusus kepada siswa, adanya koordinasi yang baik antara guru, terciptanya budaya akhlak mulia. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi guru yaitu masih adanya santri yang memiliki rasa kesadaran yang kurang, kesadaran orang tua dalam menanggapi hukuman yang diberikan oleh pembina, masih adanya orang tua santri yang campur tangan terhadap pola pembinaan dan pendidikan anaknya. Adapun solusi dalam mengatasi faktor penghambat yang dihadapi oleh guru dalam pengembangan pendidikan karakter adalah tekad dan motivasi yang tinggi dari guru dan Pembina, kesepahaman pembina, orangtua dan siswa dalam penerapan tata tertib Madrasah, Peningkatan sumber daya manusia (SDM) pembina Madrasah, hubungan kerjasama yang baik anatara guru-guru, guru harus lebih teladan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. dan Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd.
Keywords: Strategi; Pendidikan karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:54
Last Modified: 12 Sep 2023 07:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8896

Actions (login required)

View Item View Item