Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perkembangan kemampuan anak menghafal surah Al-Fatihah di PAUD Madina Lestari Desa Tanjung Mompang Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal

Husein, Ahmad (2019) Perkembangan kemampuan anak menghafal surah Al-Fatihah di PAUD Madina Lestari Desa Tanjung Mompang Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
123100279.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini dengan meneliti beratkan pada anak usia dini di PAUD Madina Lestari di Desa Tanjung Mompang. Adapun rumusan masalah penelitian adalah tentang kemampuan dan perkembangan dan faktor pendukung dan penghambat perkembangan kemampuan menghafal surah Al-Fatihah anak usia PAUD Madina Lestari di Desa Tanjung Mompang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat perkembangan kemampuan menghafal surah Al-fatihah anak usia PAUD Madina Lestari di Desa Tanjung Mompang. Pembahasan penelitian berkaitan dengan Perkembangan Kemampuan Anak Menghafal Surah Al-Fatihah di PAUD. Sehubugan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Perkembangan Kemampuan Anak Menghafal Surah Al-Fatihah di PAUD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dalam pemelitian ini sebanyak 20 murit yang di teliti, dari 60 orang. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Langka-langka pengolahan dan analisis data dengan menyeleksi data dan mengelompokkannya, menyusun redaksi data secara sistematis sesuai dengan yang dibahas dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menghafal surat Al-Fatihah bagi anak usia PAUD Madina Lestari di desa Tanjung Mompang. menghafalan surah Al-Fatihah pada siswa akan mengalami peningkatan setelah 6 bulan tidak ada siswa yang tidak hafal, kelancaran bacaaan 72 % hingga kemampuan tajwid 13 %, kefasihan huruf 9 %. Sedangkan 2 semester kelancaran bacaan 68 %, kesesuaian tajwid 22 % dan sedikit yang fasih dalam mengucapkan huruf dari hafalan surah al-Fatihah dari jumlah 22 siswa. Tingkat kedua semester pertama telah banyak yang hafal dan lancar bacaan tajwidnya mencapai 77 % dan lancar bacaan mencapai 13 %. Faktor pendukung dan hambatan perkembangan kemampuan menghafal surat al-Fatihah anak usia PAUD Madina Lestari Tanjung Mompang dilihat faktor yang mendukung adalah minat dan motivasi siswa yang tinggi, perhatian dan variasi mengajar dan fasilitas yang memadai. Adapun penghambatnya adalah kurang dapat mengatur waktu, kurangnya kepedulian orangtua, kurangnya perhatian pemerintah terhadap program menghafal, lingkungan masyarakat dan keluarga yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perkembangan; Menghafal; Al-Fatihah; PAUD
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 23 Apr 2020 04:34
Last Modified: 03 Jun 2020 08:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item