Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Manajemen peningkatan mutu pendidik di PAUD-TK Baitul Hikmah Al-Zain Kelurahan Pasar Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan

Handayani, Putri (2022) Manajemen peningkatan mutu pendidik di PAUD-TK Baitul Hikmah Al-Zain Kelurahan Pasar Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1923100307.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Sekolah sebagai unit kerja terdepan yang langsung berhubungan dengan kebutuhan riil di bidang pendidikan sudah saatnya memberikan kewenangan penuh kepada sekolah untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi komponen-komponen pendidikan suatu sekolah, yang meliputi kurikulum, tenaga pendidik, sarana prasarana, dana, manajemen, lingkungan, dan kegiatan belajar-mengajar. Di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidik di institusinya. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana perencanaan yang dilakukan dalam manajemen peningkatan mutu PAUD-TK Baitul Hikmah Al-Zain di Kelurahan Pasar Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan yang di lakukan manajemen peningkatan mutu PAUD-TK Baitul Hikmah Al-Zain di Kelurahan Pasar Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori yang dikemukakan oleh B. Suryosubroti yang berpendapat bahwa untuk menjunjung tinggi peningkatan mutu sebagai konsekuensi logis maka pihak sekolah harus diperkenankan untuk Mengembangkan perencanaan pendidikan, Memonitor, Menyajikan laporan terhadap hasil dan performannya kepada masyarakat dan pemerintah sebagai konsumen dari layanan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa perencanaan peningkatan mutu pendidikan di PAUD-TK Baitul Hikmah Al-Zain dilakukan pada saat rapat sebelum tahun anggaran baru. Perencanaannya berorientasi untuk meningkatkan pencapaian standar pendidik secara maksimal, pelaksanaannya memberi motivasi kepada guru-guru, memberikan pembinaan, memberikan pengertian atau arahan tentang pentingnya kegiatan yang akan dilakukan dan guru mengikuti pelatihan-pelatihan PAUD yang diadakan oleh pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, kemudian Evaluasi peningkatan mutu pendidik dilakukan kepala PAUD-TK Baitul Hikmah Al-Zain dengan menerapkan tiga tahapan yaitu, pemantauan, penilaian dan pelaporan kinerja pendidik yang dilakukan setiap akhir tahun, kemudian guru yang berhasil dan berperestasi akan diberikan penghargaan oleh ketua yayasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A.
Keywords: Manajemen; Mutu pendidik; Peningkatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:05
Last Modified: 07 Jul 2023 02:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8885

Actions (login required)

View Item View Item