Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Manajemen boarding school dalam pembinaan karakter santri di Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasaribu Kecamatan Padang Bolak Tenggara Kabupaten Padang Lawas Utara

Pardede, Hasian (2023) Manajemen boarding school dalam pembinaan karakter santri di Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasaribu Kecamatan Padang Bolak Tenggara Kabupaten Padang Lawas Utara. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1923100301.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya karakter memiliki peranan penting dalam kehidupan sosial. Banyak orang yang gagal karena karakter dan banyak orang yang berhasil karena karakter. Berkarakter di peroleh melalui pembinaan pendidikan agama islam, agama islam mengandung budi pekerti yang mulia dan merupakan indikator manusia yang berkualitas terlepas apapun zamannya. Pembinaan karakter merupakan suatu upaya yang dilakukan seorang guru untuk melakukan pembinaan, pengajaran sekaligus mengevaluasi karakter santri. Bagaimana seorang santri yang menjadi harapan bangsa kelak dapat menjadi insan kamil yang dapat membanggakan agama serta negara. Manajemen Boarding School merupakan tata kelola dalam bagaimana para pembina dapat mengatur waktu, kuantitas dan kualitas pembinaan terhadap santri. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi secara kualitatif untuk mengetahui perencanaan Manajemen Boarding School dalam Pembinaan Karakter Santri di Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasaribu, untuk mengetahui pengorganisiran Manajemen Boarding School dalam Pembinaan Karakter Santri di Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasaribu, untuk mengetahui pelaksanaan Manajemen Boarding School dalam Pembinaan Karakter Santri di Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasaribu, dan untuk mengetahui pengawasan Manajemen Boarding School dalam Pembinaan Karakter Santri di Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasaribu. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk mempelajari keadaan tempat-tempat alami, dimana peneliti sebagai instrumen kuncinya, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data bersifat induktif. Dalam merencanakan program pembinaan karakter, pembina asrama Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasaribu bekerjasama dengan seluruh komponen pesantren dengan tim pelaksana pengasuh pesantren. Pengorganisasian manajemen di Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasaribu secara formal menetapkan menggolongkan dan mengatur bagaimana kegiatan yang harus diterapkan dan menetapkan tugas-tugas pokok Pembina asrama dalam rangka mencapai tujuan organisasi dengan efisien. Pelaksanaan pembinaan karakter santri/yah Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasaribu yang terintegrasi di semua mata pelajaran, kegiatan pengembangan diri, dan kegiatan pembiasaan rutin, telah membentuk budaya sekolah yang kondusif dalam membina karakter santri. Baik kegiatan di kelas maupun di luar kelas, telah membentuk karakter religius, ketaatan beragama, kemandirian, tanggung jawab, kreatifitas dan kedisiplinan santri. Pengawasan pembinaan karakter di kelas diserahkan kepada guru-guru dan pembina asrama dengan berpedoman pada aturan yang tertera di papan peraturan setiap kamar untuk mengendalikan kedisiplinan santri Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasaribu.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Zulhimma, S.Ag., M.Pd. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A.
Keywords: Manajemen boarding school; Pembinaan karakter santri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:14
Last Modified: 06 Jul 2023 08:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8883

Actions (login required)

View Item View Item