Minah, Minah (2022) Kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN I Mandailing Natal. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1923100300.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Secara formalitas dalam proses belajar guru memegang peran yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar.Untuk tercapainya pembelajaran yang efektif maka guru dituntut untuk mampu menggunakan metode dan media pembelajaran yang baik. Masalah yang menarik yaitu mengenai bentuk-bentuk kreativitas guru dalam mengembangkam media pembelajaran PAI, proses kreasi guru dalam pevngembangkan media pembelajaran dan respon siswa terhadap kreatifitas guru dalam pengembangan media pembelajaran.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk kreatifitas guru, proses kreasi guru dan respon siswa terhadap kereativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peenelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai (diperoleh) dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau cara-cara lain dari kualifikasi (pengukuran).Sumber data primer penelitian ini adalah kepala Madrasah,wakil kepala Madrasah dan Guru Pendidikan Agama Islam.Adapun sumber data skundernya adalah Guru MGMP PAI, Pengawas dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan temuan khusus bahwa: 1) bentuk Kreativitas Guru dalam mengembangkan media pembelajaran PAI yaitu mengelola media pembelajaran melalui perencanaan media pembelajaran dalam bidang Studi Akidah Akhlak dalam materi adab takziah memakai media pembelajran poster karena guru lebih mudah menjelaskan materi pembelajaran dan materi dapat tersampaikan kepada siswa.Merancang media pembelajaran alat peraga pada bidang studi fikih dalam materi praktek haji dan umroh melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembuatan miniatur ka’bah untuk dijadikan media pembelajaran kemudian evaluasi media pembelajaran melalui video mengenai materi kerajaan Islam di Indonesia pada bidang studi sejarah kebudayaan Islam.2)Proses Kreasi Guru dalam pengembangan media pembelajaran guru pendidikan agama islam,guru menganalisis kebutuhan dan krakteristik siswa sesuai dengan media yang dipakai, merumuskan tujuan, merumuskan butir-butir materi,mengembangkan alat ukur dan menulis naskah media.3). respon siswa terhadap kreativitas guru dalam media pembelajaran sangat baik dan positif karena dengan menggunakan media pembelajaran yang berpariasi dan memakai media teknologi membuat siswa lebih mudah memahami materi pelajran yang disampaikan oleh guru dan bisa menciftakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangakan,menghilangakan rasa jenuh atau bosan selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si. |
Keywords: | Kreativitas guru; Media pembelajaran; Pendidikan agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 08:07 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 08:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8882 |
Actions (login required)
View Item |