Rahmadani, Rahmadani (2022) Pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan organisasi dan komunikasi interpersonal guru terhadap akhlak siswa SMA Islam Terpadu Alhusnayain Panyabungan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1923100299.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pembinaan akhlak merupakan bagian yang terpenting dan tidak terpisahkan dari proses pendidikan Islam. Terwujudnya akhlak yang baik pada diri peserta didik diharapkan dapat memperkuat dan mempertinggi kepribadian dirinya sebagai manusia yang memiliki cita-cita dan gagasan serta sebagai makhluk Allah Swt. Proses pembentukan akhlak sesuai dengan konsep fitrah, dijelaskan dalam teori pembentukan kelompok kemudian dijelaskan pula dalam teori Interaksi Simbolik bahwa pembentukan akhlak selain Fitrah yang merupakan citra asli manusia untuk berpotensi baik atau buruk aktualisasinya tergantung pilihannya juga dapat dilakukan melalui proses sosialisasi yang disengaja dengan mengikuti proses pengajaran dan pendidikan yang diajarkan di sekolah. Penelitian ini memakai metode expost facto desain kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Islam Terpadu Alhusnayain dengan jumlah siswa 121 siswa. Kemudian Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik sampling cluster sehingga diperoleh sampel 55 siswa. Hasil yang diperoleh setelah data diolah adalah: 1) Fhitung > Ftabel berarti terdapat pengaruh dan nilai Fhitung adalah 69,474 (bernilai positif) > 3,17 berarti ada pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan organisasi terhadap akhlak siswa di SMA Islam Terpadu Alhusnayain Panyabungan. 2) Nilai Fhitung adalah 15,672 (bernilai positif) lebih besar dibandingkan nilai Ftabel = 3,17 berarti ada pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap akhlak siswa di SMA Islam Terpadu Alhusnayain Panyabungan. 3) Jika Fhitung > Ftabel nilai 47,869 > 3,17 berarti terdapat pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan organisasi (X1) dan komunikasi interpersonal guru (X2) terhadap akhlak (Y) siswa SMA Islam Terpadu Alhusnayain Panyabungan. 4) bahwa thitung = 8,335 > ttabel 2,007, Artinya nilai thitung lebih besar dibandingkan nilai ttabel dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akhlak siswa berdasarkan partisipasi kegiatan organisasi siswa di SMA Islam Terpadu Alhusnayain Panyabungan. 5) Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung = 3,959 > ttabel 2,007, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akhlak siswa berdasarkan komunikasi interpersonal guru di SMA Islam Terpadu Alhusnayain Panyabungan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag. dan Dr. Zulhimma, S.Ag., M.Pd. |
Keywords: | akhlak siswa; Kegiatan organisasi; Komunikasi interpersonal |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 08:00 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 08:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8881 |
Actions (login required)
View Item |