Siregar, Jainal Abidin (2023) Penerapan Panca Jiwa dalam kehidupan sehari-hari santri di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Lumut Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1923100291.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Panca Jiwa berisi nilai-nilai pokok sebagai pedoman yang harus dimiliki dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari santri pada Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Lumut. Panca jiwa itu adalah Keikhlasan, Kesederhanaan, Berdikari, Ukhuwah Islamiyah,dan Kebebasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan nilai-nilai Panca Jiwa dalam kehidupan sehari hari santri Di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Lumut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yakni reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah penerapan nilai-nilai Panca Jiwa dalam kehidupan sehari-hari santri di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Lumut secara prosedural terdiri dari sosialisai dan diseminasi, implementasi, evaluasi, dan tindak lanjut evaluasi. Pada langkah sosialisasi dan diseminasi yang dilakukan Pondok Raudlah adalah dengan mengadakan kegiatan Apel Tahunan, Khutbatul Arsy (kuliah umum). Kegiatan ini diikuti oleh pimpinan dan santri. Direktur dan Kepala-kepala bidang menyampakan materi-materi yang berkenaan dengan cara hidup di pondok dalam konteks nilai-nilai Panca Jiwa. Sosialisasi ini juga berbentuk ceraamah tidak terjadwal dan ceramah yang terjadwal yaitu hari Rabu dan Jumat yang hanya diikuti oleh santri. Pondok Raudlah juga melakukan sosialisasi ini melalui media tulis yang berbentuk brosur, baliho dan banner. Adapun Pada langkah pengamalan nilai-nilai Panca Jiwa ini dilakukan dengan cara keteladanan, pembiasaaan, pentradisian, dan pemberian contoh. Langkah selanjutnya adalah pengawalan penanaman Panca Jiwa dengan metode identifikasi dan pelaporan jasus. Identifikasi yang dimaksud adalah seorang evaluator melakukan sidak secara tiba-tiba kerayon-rayon lalu menanyakan pemasalahan apa yang mereka sedang alami saat itu. Sedangkan pelaporan jasus ialah meyebar mata-mata disetiap rayon lalu melaporkannya kepada bagian keamanan atau pengasuhan untuk ditindak lanjuti. Langkah berikutnya adalah evaluasi pengamalan nilai-nilai Panca Jiwa dengan metode observasi. Observasi ialah pengamatan yang dilakukan oleh guru terhadap santri mengenai prilaku santri baik cara bergaul, cara berbicara dan cara berpakaian. Adapun Langkah tindak lanjut evaluasi dengan metode wawancara adalah tanya jawab antara dua belah pikah dengan tujuan menggali informasi dari yang ditanyai. Langkah tindak lanjut evaluasi pengamalan nilai-nilai Panca Jiwa dilakukan dengan pemberian sanksi, surat peringatan pertama, kedua, ketiga dan pemecatan lalu dilakukan penguatan system.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Anhar, M.A. dan Dr. Sholeh Fikri, M.A. |
Keywords: | Penerapan panca jiwa; Kehidupan sehari-hari santri; Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Lumut |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 04:48 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 04:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8879 |
Actions (login required)
View Item |