Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode pembelajaran tahfizul Qur'an dalam menguatkan hafalan santri Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kota Padangsidimpuan

Safitri, Wahyu Dewi (2022) Metode pembelajaran tahfizul Qur'an dalam menguatkan hafalan santri Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kota Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1923100279.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini berawal peneliti melihat realitas pembina tahfidz dan santri di pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu ketika proses menggunakan metode pembelajaran tahfidz Qur’an dalam menguatkan hafalan Al-Qur’an. Adapun kendala penerapan metode pembelajaran dalam menghafal Al-Qur’an, seperti pembina yang kurang memahami dengan istilah metode pembelajaran tahfidz Qur’an sehingga para santri ketika ingin menghafal Al-Qur’an merasa bingung dalam menggunakan metode pembelajaran tahfidz Qur’an dan metode pembelajaran yang bisa santri pahami lebih mudah digunakan dalam menguatkan hafalan Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana metode pembelajaran Tahfidz Qur’an dalam menguatkan hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al-Ansor, Apa faktor-faktor penghambat penerapan metode dalam pembelajaran tahfidz Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ansor, Bagaimana upaya yang dilakukan dalam menguatkan hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ansor. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengunaan metode pembelajaran tahfidz Qur’an dalam menguatkan hafalan santri di Pondok Pesantren Al-Ansor,Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat penerapan metode dalam pembelajaran tahfidz Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ansor, Untuk mengetahui upaya yang dilakuakan dalam menguatkan hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah santri kelas VII Tsanawiyah Al-Ansor Manunggang Julu Kota Padangsidimpuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan tahfidz Qur’an santri di Pondok Pesantren Al-Ansor yang berkaitan dengan penguatan hafalan Al-Qur’an dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran tahfidz Qur’an yaitu metode talaqin,metode sima’I, metode takrir, metode talaqqi, metode,metode mudarasah, dan metode muraja’ah. Faktor-faktor penghambat penerapan metode dalam pembelajaran ada 2 faktor, internalnya yaitu malas dan susah menghafal, eksternalnya lingkusangan. Upaya yang dilakuakan dalam menguatkan hafalan Al-Qur’an Santri ialah dengan cara membaca ayat Al-Qur’an yang telah dihafal dibaca ketika sholat, memperdengarkan bacaan yang telah dihafal kepada orang lain, berwduh apabila merasa ngantuk, menggunakan metode pembelajaran tahfidz Qur’an dan memberikan motivasi kepada santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Sumper Mulia Harahap, M.Ag. dan Dr. Hamdan Hasibuan M.Pd.
Keywords: Metode pembelajaran tahfidz Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:15
Last Modified: 06 Jul 2023 04:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8877

Actions (login required)

View Item View Item