Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas pembelajaran blended learning pada mata pelajaran fiqih masa pandemi COVID-19 di MAN Sibolga

Amri, Ramdani (2022) Efektivitas pembelajaran blended learning pada mata pelajaran fiqih masa pandemi COVID-19 di MAN Sibolga. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1823100268.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu dalam ajaran islam pendidikan sesuatu yang wajib untuk dituntut. Dengan tingginva pendidikan suatu negara berkolerasi dengan kernajuan dengan negara tersebut, Dalam pendidikan ada istilah pembelajaran. Dimana pembelajaran menggunakan berbagai metode untuk mencapai tujuan dari pendidikan tersebut. Akan tetapi kondisi pandemi Covid- 19. telah mempengaruhi pola pembelajaran di sekolah termasuk di MAN Sibolga. Sesuai dengan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sibolga pola yang dipakai adalah pembelajaran blended learning. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif-kualitatif. Maksudnva setelah penelitian ini dengan menggunakan data-data yang ada kemudian hasilnva dijelaskan secara kualitatif Penelitian ini dilakukan untuk menganalis keefektifan pembelajaran blended learning mata pelajaran Fiqih masa pandemi Covid- 19 di MAN Sibolga. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan blended learning pada mata pelajaran Fiqih di MAN Sibolga berjalan dengan efektif berdasarkan dengan rumus tingkat keefektifan dan juga wawancara dengan narasumber Wakil Kepala Bidang Akademik dan Guru Fiqih kelas XII MAN Sibolga.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Dr. Zulhimma, S.Pd., M.Pd.
Keywords: Blended learning; Pembelajaran fiqih; Pandemi COVID-19
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:35
Last Modified: 06 Jul 2023 02:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8873

Actions (login required)

View Item View Item